Berita Foto: Pasar Sore Km 10 Kota Sorong

0
2200
barang jualan mama-mama di pasar sore Km 10 Kota Sorong. (SP-CR03)
adv
loading...

SORONG KOTA, SUARAPAPUA.com — Kalau Anda berada di Kota Sorong dan orang sebut kilo 10 atau kilo meter 10, itu pasti pasar sore. Dan kalau orang sebut pasar sore, itu pasti kilo meter 10. 

Tempat ini berada di Jln. Jupiter, Km 10, Kota Sorong.  Tempat ini merupakan pasar sore bagi mama-mama Papua. Mama-mama yang berjualan di sini dari berbagai daerah di Tanah Papua. Ada yang dari  Domberai, Lapago, Saireri dan Meepago.

Noken dan barang jualan mama-mama di pasar sore Km 10 Kota Sorong. (SP-CR03)

Beratap tenda, mama-mama Papua berjualan di tempat ini. Tempat yang orang sebut Km 10. Tenda-tenda di sepanjang jalan ini bukan bantuan pemerintah. Bukan juga dari CSR perusahaan apa pun.

Baca Juga:  Musdat Sukses, Sub Suku Imu Komitmen Bangkit dari Ketertinggalan

Tenda-tenda yang ada di jalan ini adalah tenda hasil ngamen di lampu merah. Lampu Merah, Maranata dan Toko Elin.  Hasil ngamen solidaritas dari dari mahasiswa, aktivis dan komunitas Kaki Abu Sorong Raya.

barang jualan mama-mama di pasar sore Km 10 Kota Sorong. (SP-CR03)

Mama-mama Papua ini pernah ditegur Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kota Sorong. Mama-mama sempat dilarang berjualan di trotoar sepanjang jalan Kota Sorong di depan Toko Thio, Toko Elin dan Jalan Jupiter, Km 10.

ads
Baca Juga:  Dusun Sagu Maari Milik Marga Klagaf Terancam Hilang

Setelah informasi teguran dari Satpol PP beredar, Komunitas Kaki Abu, aktivis dan mahasiswa membentuk sebuah gerakan dengan nama Solidaritas untuk menggalang dana.

barang jualan mama-mama di pasar sore Km 10 Kota Sorong. (SP-CR03)

Gerakan bersama tersebut menggerakkan penggalangan dana untuk mama-mama Papua yang menjadi korban. Penggalangan dana mulai dari bulan September sampai Desember tahun lalu. Hasilnya berhasil menghasilkan 40 puluh unit meja jualan.

Baca Juga:  Genteng Pasar Rufei Rusak, Pedagang Dirikan Tenda Dalam Gedung

Meja-meja jualan itulah yang mama-mama sedang gunakan dan berjualan saat ini. Selain meja, sudah dilengkapi dengan lampu dan juga tempat sampah.

Meja, lampu dan tempat sampah itu kemudian dibagikan kepada mama-mama yang berjualan di  sepanjang Toko Thio sampai Toko Elin dan mama-mama yang berjualan di Jln. Jupiter, Km 10.

Jika anda berada di Kota Sorong, ini salah satu pasar yang direkomendasikan untuk anda berbelanja. Mama-mama Papua jual makan segar, pinang noken dan dagangan lainnya.

Pewarta: SP-CR03

Artikel sebelumnyaPantaskah Pemekaran Papua?
Artikel berikutnyaTurnamen Billiard Intan Jaya Cartenz IV Digelar di Yogyakarta