DPD KNPI Papua Siap Rekrut Relawan PON 2020

0
1362

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Albert G Wanimbo, Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) provinsi Papua mengatakan, pihaknya siap melakukan perekrutan tenaga relawan untuk sukseskan PON 2020 dalam waktu dekat. 

Hal tersebut Wanimbo usai melakukan  rapat evaluasi pengurus dan  pleno DPD KNPI Papua pada Sabtu (23/11/2019) lalu di Kota Jayapura, Papua.

Albert mengatakan, dalam rapat pleno ada dua agenda yang diputuskan yaitu agenda internal dan agenda eksternal. Agenda internal, kata Wanimbo, akan menjadi tanggung jawab organisasi secara internal. Dan eksternal adalah tentang perekrutan relawan PON akan disampaikan kepada publik secara terbuka.

Karena, kata Wanimbo,  DPD KNPI Papua telah diberikan tugas oleh Gubernur untuk melakukan perekrutan para relawan PON 2020 mendatang.

Baca Juga:  Rapat Koordinasi DAP Wilayah Domberai Lahirkan Delapan Poin Penting

“Kami telah melakukan rapat koordinasi dengan pihak PB PON untuk perekrutan relawan. Dalam rapat kami membahas tentang persiapan perekrutan relawan. Pihak PB PON membutuhkan 26.046 orang yang akan terbagi di dalam relawan, volunteer dan pekerja lapangan,” katanya.

ads

Ia membeberkan, 26.046 orang relawan ini akan ditambah dengan 10.000 ribu relawan yang akan menangani acara inti saat kegiatan PON berlangsung.

“Jumlah keseluruhan tenaga relawan yang yang dibutuhkan adalah 36.046 orang,” ungkapnya.

Wanimbo menambahkan, perekrutan relawan akan dilakukan di Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Timika dan Kabupaten Merauke pada bulan November dan desember 2019 dan dilanjutkan pada bulan Januari dan Februari 2020 jika belum tercover.

“Nanti pada Kamis, 28 November 2019 kami akan launching relawan dan umumkan informasi perekrutan relawan PON 2020, sekaligus sosialisasi  di hotel Horizon Kotaraja, Abepura,” ungkapnya.

Baca Juga:  Simamora: Penting Mengajar Anak, Tetapi Juga Pembentukan Karakter

Sehingga, Wanimbo sebagai ketua KNPI Papua dan Ketua relawan PON mengimbau kepada seluruh masyarakat, mahasiswa,dan pelajar untuk ikut turut mengambil bagian untuk menjadi relawan PON.

“Setelah kami launching, akan dilanjutkan dengan sosialisasi dan perekrutan. Setelah itu akan diberikan pelatihan khusus bagi para relawan PON. Perekrutan PON ini juga akan dilakukan dalam bentuk tes online dan offline sesuai dengan standarisasi, jadi kami tidak asal rekrut relawan PON,” ujarnya.

Baca Juga:  Jelang Groundbreaking, PT Sino Rapat Finalisasi Bersama PT MOW dan Pemkab Sorong

Sementara itu, Yan Piet Rawar, Kepala dinas Tenaga Kerja Provinsi Papua yang ditugaskan PB PON untuk menangani SDM mengatakan pihaknya siap untuk bekerja sama dengan KNPI Papua untuk merekrut relawan PON di provinsi Papua.

“Kami butuh relawan sekitar 36.046 orang. Jadi kami akan bekerjasama dalam perekrutan ini. Sebab, ketua PB PON 2020, Lukas Enembe sudah berikan mandat untuk merekrut relawan di Timika, Merauke, Kab. Jayapura dan Kota Jayapura,” katanya.

Pewarta : Ruland Kabak

Editor      : Arnold Belau

Artikel sebelumnyaDinas Kehutanan Papua Dukung Program Penanaman Pohon Sagu
Artikel berikutnyaKathi dan Moses, Peracik Kopi Papua