Papuansphoto Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

0
109

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Komunitas fotografer Papuansphoto  ajak masyarakat peduli pada lingkungan. Ajakan tersebut dibarengi dengan melakukan aksi pembersihan sampah di Kota Jayapura pada Jumat, (29/11/2019). 

Fokus Komunitas Papuansphoto melakukan bersih-bersih adalah Jembatan Merah atau dikenal dengan nama Jembatan Youtefa yang telah diresmikan presiden Joko Widodo. Jembatan Youtefa menjadi salah satu tempat yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat Kota Jayapura dan sekitarnya. Saat berkunjung masyarakat biasa buang sampah sembarangan.

Unas Ginia, anggota komunitas Papuansphoto kepada suarapapua.com menjelaskan, niat untuk membersihkan sampah di jembatan Youtefa muncul karena Komunitas Papuansphoto peduli lingkungan.

“Yang kami temukan adalah sampah bungkusan makanan dan minuman dengan kemasan plastik sehingga bikin jembatan ini kotor,” jelasnya.

Jembatan Youtefa ini salah satu ikon baru di Kota Jayapura, Papuansphoto mengajak semua masyarakat di Kota Jayapura untuk peduli pada lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Tidak hanya di sini. Tetapi di semua lokasi wisata dan lingkungan kita masing-masing. Supaya kebersihan tetap terjaga. Hari ini kami mengangkat sampah dengan maksud supaya kebersihan jembatan dan lingkungan sekitar tetap bersih,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Rola Pawika. Katanya, Komunitas gelar pameran foto, selain pameran kami mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

“Ini adalah pameran perdana yang kami lakukan. Sambil bikin pameran kami ajak masyarakat agar peduli pada kebersihan dan kelestarian lingkungan,” katanya.

Nelson Lokobal yang juga anggota Papuansphoto mengatakan, pameran yang dilakukan adalah pameran hasil karya anak-anak Papua yang tergabung di dalam komunitas Papuansphoto.

“Kami pamerkan  hasil karya foto dari teman-teman kami yang ada di beberapa kota/kabupaten di  papua maupun kami yang di jayapura dan juga ada karya lukis yang di pamerkan,” katanya.

Untuk diketahui, Komunitas Papuansphoto mengadakan pameran foto dibawah jembatan Youtefa. Sambil melakukan pameran, Papuanphoto mengajar pengunjung untuk ikut berpartisipasi dalam aksi peduli lingkungan  dengan mengangkat sampah di jembatan dan sekitarnya.

Pewarta: SP-CR11

Editor: Arnold Belau