1 Desember KNPB Balim Minta Masyarakat Gelar Doa Bersama

0
1451

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Balim Mengimbau agar masyarakat gelar doa bersama pada tanggal 1 Desember.

Ketua KNPB Wilayah Balim, Mardi Hiluka mengatakan, di setiap tanggal 1 Desember bangsa Papua merayakan sebagai hari manifesto politik bangsa Papua barat.

“Kami KNPB Balim pada tanggal 1 desember akan tetap menjalankan doa dan ibadah dengan tenang sesuai dengan imbauan umum KNPB pusat” jelasnya kepada suarapapua.com pada Kamis (28/11/2019) kemarin di Wamena.

Baca Juga: Ini Seruan KNPB Peringati HUT Manifesto Politik Bangsa Papua ke-58

Baca Juga:  KNPB Bantah Terlibat Pembakaran dan Pengrusakan Ruko Saat Iring-Iringan Jenazah Lukas Enembe

Di bulan Desember, kata dia, adalah bulan bersejarah bagi seluruh dunia dan bagi Bangsa Papua Barat, pada tanggal 1 Desember merupakan Hari Kemerdekaan Bangsa Papua Barat, tanggal 10 hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia, tanggal 25 hari Natal.

ads

Sehingga, KNPB sebagai media Bangsa Papua Barat jadi untuk tanggal 1 kita KNPB akan buat kegiatan lain-lain.

“Kita akan duduk renungkan doa dan ibadah bersama. Kebetulan tanggal 1 desember hari Minggu jadi yang jelas kami akan melakukan doa dan ibadah di masing-masing gereja,” katanya.

Baca Juga:  Doa Akbar dan Makan Bersama Ones Pahabol Dihadiri Ribuan Masyarakat Yahukimo

KNPB Balim Bantah Tuduhan Miring

Merdi mengatakan, pihaknya mendengar siaran di RRI bahwa KNPB provokasi rakyat.

“Kami bukan seperti apa yang disiarkan itu, kami KNPB tidak memprovokasi rakyat tetapi rakyat sudah tahu bahwa tanggal 1 Desember merupakan hari bersejarah bagi Bangsa Papua barat,” tegasnya membantah.

Ia membeberkan, bahwa semua organ pergerakan di Papua mempunyai fungsi kerja masing-masing.  KNPB tetap menjalankan doa ibadah sedangkan Militer TPNPB-OPM akan tetap memperingati dalam bentuk upacara kemiliteran.

Baca Juga:  Inilah Sikap Resmi KNPB Terhadap Agenda Pemilu 2024

“Kami berharap kepada rakyat jangan mudah terprovokasi dengan pihak ketiga yang datang untuk memanfaatkan situasi pada 1 Desember. Rakyat tetap tenang,” katanya.

KNPB Pusat, melalui Ketua I, Warpo Wetipo mengatakan, KNPB pada 1  Desember 2019 tidak ada agenda lain selain berkumpul dan berdoa bersama.

“Kami akan berdoa bersama. Kami sudah minta ke seluruh KNPB wilayah untuk gelar doa bersama peringati hari HUT manifesto Papua Barat,” katanya.

Pewarta: SP-CR10

Editor    : Arnold Belau

Artikel sebelumnyaGKII Klasis Dafonsoro Gelar  Raker ke III  
Artikel berikutnyaTerbukti Anak di Bawah Umur, IH Telah Dibebaskan dari Tahanan