Nasional & DuniaKomisi Referendum Bougainville: 99 Persen Polling Selesai

Komisi Referendum Bougainville: 99 Persen Polling Selesai

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Komisi Referendum Bougainville telah melaporkan bahwa sembilan puluh sembilan persen dari polling akan selesai pada akhir hari ini (kemarin).

Menurut jadwal pemungutan suara, pemungutan suara terjadi di Bougainville, PNG, dan dua lokasi di luar negeri, yaitu di Kepulauan Solomon dan Australia.

Kepala Kantor Referendum, Mauricio Claudio mengakui bahwa pihaknya di Komisi Referendum Bougainville senang dengan hasil baik dalam proses referendum yang berlangsung dalam minggu ini.

Baca juga: Sebagai Simbol Dukungan, PCC Kibarkan Bendera Bougainvillle di Suva

Kotak suara yang sedang di antar oleh pihak Komisi Referendum Bougainville setelah pemilihan di salah satu daerah di Bougainville. (Dok.ABG)

“Dengan pengecualian beberapa lokasi yang tertunda satu atau dua hari, karena cuaca buruk. Kami telah menyaksikan 250 tim pemungutan suara melakukan pekerjaan dengan baik dan ribuan orang Bougainville keluar untuk memberikan suara mereka dalam lingkungan damai,” kata Mr.Claudio, sebagaimana release Autonomous Bougainville Government(ABG) yang diterima suarapapua.com, Sabtu (30/11/2019).

Baca Juga:  MSG Sedang Mengerjakan Kerangka untuk Merampingkan Perdagangan Lintas Batas

“Semua harus memberikan selamat atas cara positif yang dilakukan orang Bougainville dalam langkah proses Perdamaian Bougainville ini – apakah itu di pusat kota besar, atau daerah terpencil, termasuk di luar negeri.

Bagi mereka yang mendaftarkan diri beberapa bulan lalu, kami telah melakukan yang terbaik untuk mencapai hasil terbaik.”

Baca juga: Kejanggalan Sidang di PN Jayapura, Saksi JPU Ditolak, Saksi Pergi hingga Lupa

Baca Juga:  Wawancara Eksklusif Daily Post: Indonesia Tidak Pernah Menjajah Papua Barat!

Pemungutan suara sekarang akan mulai berakhir dengan tim pemungutan suara dan materi mereka yang akan kembali dari Australia, Kepulauan Solomon dan sejumlah provinsi di Papua Nugini.

Rakyat Bougainville setelah melakukan pemilihan. (Dok.ABG)

“Kami akan memastikan keamanan, dan keamanan yang sama dari tim dan bahan polling yang telah kami praktikkan saat ini saat mereka kembali ke Buka (ibu kota di Bougainville,” katanya.

Pada hari Sabtu dan Senin, pemungutan suara akan selesai di Haku, Peit, Taonita, Nuguria (Atolls) dan Terra. Tiga pusat regional di Buka, Arawa dan Buin akan tetap terbuka sampai pemungutan suara secara resmi ditutup pada 7 Desember 2019 pukul 6 sore.

Baca Juga:  Hasil GCC: Ratu Viliame Seruvakula Terpilih Sebagai Ketua Adat Fiji

“Untuk setiap pemilih terdaftar yang belum memberikan suara mereka – sekarang adalah kesempatan terakhir untuk menyampaikan hak politiknya.”

Kantor Kepala Referendum mencatat bahwa beberapa tim pengamat akan berotasi keluar dari Bougainville minggu ini, dengan lebih banyak lagi datang untuk mengamati pengawasan dan penghitungan surat suara yang akan berlangsung jam 6 sore pada, Sabtu 7 Desember 2019.

Pewarta: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

HRM Melaporkan Terjadi Pengungsian Internal di Paniai

0
Pengungsian internal baru-baru ini dilaporkan dari desa Komopai, Iyobada, Tegougi, Pasir Putih, Keneugi, dan Iteuwo. Para pengungsi mencari perlindungan di kota Madi dan Enarotali. Beberapa pengungsi dilaporkan pergi ke kabupaten tetangga yakni, Dogiyai, Deiyai, dan Nabire.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.