Masyarakat Wadangku Minta Pemkab Jayawijaya Pasang Instalasi Listrik 

0
63

WAMENA, SUARAPAPUA.com— Salah satu Kepala Suku di distrik Wandangku, Kab. Jayawijaya, Yakobus Dabi meminta pemkab untuk memasang instalasi jaringan listrik di distrik tersebut. Hal itu disampaikan kepada wakil bupati Marthin Yogobi pada 2 Desember lalu.  

Aikhe lampu yi, lampu yinogo mondok an isagel warek mondok werek yi. Isagel warek mondok werekma, an inti kino yokheti [kami masyarakat sangat membutuhkan lampu, maka saya minta untuk pemasangan  jaringan listrik di distrik wadangku],” kata Dabi kepada wakil bupati Yogobi.  

Permintaan tersebut didukung salah satu kepala kampung di distrik tersebut. Ia mengatakan, telah mengecek beberapa distrik yang sama dan mereka sudah ada penerangan.  

“Intinya bapak sudah sampaikan, tapi saya melihat bahwa beberapa distrik yang sama jangkauan seperti Piramit, Tagime, Tagineri, Wolo, Pugima dan Walelagama. Saya melihat di sana, lampu yang kita bicara semua sudah ada,” katanya. 

Kata dia, karena tidak ada listrik, untuk menjalankan tugas dan pekerjaan di kantor menjadi terhambat karena semuanya serba butuh listrik dan online.  

“Kita mau bikin pake dana kampung tidak cukup, maka semua pekerjaan perkantoran pusatkan di kota wamena akibat terkendala listrik,” katanya. 

Sementara itu,  sala satu staf kesehatan menyampaikan hal  yang pernah sampaikan pada jaman kepemimpinan Jhon Wempi Wetipo terkait pengadaan atau pembangunan Puskesmas.  

“Masalah kesehatan ini, sejak kepemimpinan Wempi Wetipo disampaikan terus namun, tidak pernah direalisasikan  sampai sekarang kepada bapak juga kami sempat sampaikan saat kampanye. Saya minta pengadaan atau pembangunan Puskesmas karena saya mengalami masyarakat di sini yang sangat kesulitan saat darurat, tukas Maks salah seorang petugas medis di kampung tersebut.

Menanggapi semua aspirasi yang disampaikan masyarakat, Marthin Yogobi, Wabub Jayawijaya mengatakan, ia akan memastikan untuk ada puskesmas di setiap distrik.  

“Pasti semua distrik akan diusahakan dan diharapkan untuk semua distrik harus ada Puskemas. Karena baru ada sekarang  di 26 distrik. Secara bertahap pasti pemerintah akan bangun puskesmas di setiap distrik,” jelas Yogobi. 

Pembangunannya akan dilakukan secara bertahap, kalau tidak 2020 berarti akan dibangun pada 2021. Terkait pemasangan jaringan listrik untuk masyarakat wadangku, pemerintah akan koordinasi dengan pihak PLN untuk pemasangan jaringan listrik.

“Ini penting karena ini jalur utama jalan trans, maka pemerintah daerah akan berkoordinasi dengan pihak PLN untuk bisa memasang jaringan listrik ke distrik wadangku,” ujar Yogobi.

 

Pewarta: SP-CR13

Editor: Arnold Belau