Dana Kampung di Boven Cair Bulan Ini

0
86

BOVEN DIGOEL, SUARAPAPUA.com— Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Boven Digoel siap mencairkan dana sisa tahun anggaran 2019.

Wilhemus Ruslau, pejabat sementara DPMK menjelaskan dana tersisa dari tahun anggaran 2019 akan segera cair.

“Kami masih menunggu laporan tahap satu dan dua kalau sudah aman kami lanjut cairkan tahap ketiga dalam beberapa hari kedepan,” katanya.

Ia Menambahkan, dana kampung memiliki tiga sumber dana yang dikelola masyarakat kampung, yang pertama, Alokasi dana desa (ADK) yang bersumber dari kabupaten, kedua, Alokasi dana Prospek yang bersumber dari Provinsi, ketiga, dana desa yang bersumber dari APBN.

“Jadi di kesempatan ini orang harus  mengerti itu dulu  dan itu dana-dana yang langsung mereka sendiri kelola,” kata Ruslau kepada suarapapua.com di ruang kerjanya, selasa (3/12/219).

Lanjut Ruslau kalau proses Dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang bersumber dari pusat itu juga termasuk dalam dana pembangunan masyrakat kampung.

“ APBN itu dari pusat masuk di KPPN merauke nanti kppn yang transfer masuk ke kas daerah baru nanti daerah salurkan lagi ke masing-masing rekening 112 kampung,” tambah Ruslau.

Selain itu, Osiamo Kinggo, Kepala Kampung jair distrik Kouh yang sedang menyusun laporan tahap I dan II 2019.

“Kami sedang menyusun laporan tahap satu dan dua dari  ADK dan DK yang kita tarik di bulan Agustus lalu yang rata-rata 60% sisanya 40% itu yang belum ditarik, jika sudah selesai pasti kami tarik dalam minggu ini atau minggu depan,” kata Osiamo.

Tambah Osiamo,  Prospek yang pemerintah provinsi bantu kami untuk pembangunan kampung kami Cuma tarik di 2017.

“Untuk prospek sendiri tidak ada dalam 2018-2019 karena kami Cuma tarik di 2017 itu pun 2016 tahap anggaran Prospek, jadi prospek belum jelas dua tahun belakangan ini,” ujarnya.

Pewarta: SP-CR07

Editor: Arnold Belau