Nasional & DuniaReferendum Bougainville Berada Pada Tahap Terakhir

Referendum Bougainville Berada Pada Tahap Terakhir

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Bougainville Referendum Commission (BRC) atau Komisi Referendum Bougainville  akan memulai proses pemeriksaan setelah pukul 18:00 malam ini (6/12/2019) – langkah terakhir dari Referendum Bougainville sebelum hasilnya diumumkan.

Semua kotak suara dan material kini telah diterima, diperiksa, dan didaftarkan di Pusat Penghitungan BRC dengan pengecualian hanya satu kotak surat pos di Buka yang akan disegel dan diangkut ke Pusat Penghitungan tak lama setelah semua pemungutan suara secara resmi berakhir hari ini.

Pagi ini hampir 100 pengamat, dan media menerima pengarahan terakhir mereka tentang proses pengawasan sehingga mereka jelas tentang peran dan tanggung jawab mereka dalam memastikan proses tersebut akan transparan dan kredibel.

Kepala Referendum Mauricio Claudio mengatakan semua akan diberi selamat untuk lingkungan yang damai dan keterlibatan dalam prosesnya.

Baca juga: Kebisuan Selandia Baru di Papua Barat ‘Menelan Korban Jiwa’

Baca Juga:  TETAP BERLAWAN: Catatan Akhir Tahun Yayasan Pusaka Bentala Rakyat 2023

“Kami menjelang langkah terakhir dari proses Referendum – pengawasan surat suara. BRC siap, staf kami terlatih dan siap untuk melakukan pekerjaan mereka dengan akurasi dan transparansi,” kata Claudio sebagaimana release yang diterima suarapapua.com, Minggu (8/12/2019).

Komisi sebelumnya telah menyetujui bahwa mereka akan membuat satu pengumuman tentang hasil setelah selesai, dan tidak merilis hitungan progresif.

“Kami akan menyelesaikan tahap akhir ini secepat mungkin, tetapi selambat-lambatnya diperlukan untuk memastikan semuanya ada dalam buku ini, dan memungkinkan pengawasan dari para pengamat, pengamat dan media.”

Mulai tak lama setelah jam 6 sore malam ini, Count Center akan beroperasi 24 jam dengan staf yang bekerja dalam tiga shift delapan jam.

Baca juga: HIV/AIDS dan Setahun Perjalanan KPA Papua: Kritis! (Bagian I)

Selama beberapa hari ke depan 249 kotak suara akan dibuka, dengan verifikasi segel dan bahan-bahan terhadap jurnal referendum – telah diisi dan diperiksa oleh Petugas Ketua dan Asisten Petugas yang Kembali di pusat-pusat regional.

Baca Juga:  Tanggal Pemungutan Suara Kepulauan Solomon Telah Ditetapkan

“Hanya setelah kami benar-benar yakin bahwa kami memiliki jumlah surat suara yang digunakan, tidak digunakan, dan rusak dengan benar, pencampuran semua surat suara akan dilakukan dan penghitungan dimulai. Ini adalah praktik internasional terbaik untuk memastikan kerahasiaan suara.”

Proses pertemuan pengawasan dan sortir oleh komisioner referendum Bougainville. (Dok.ABG)

“Orang-orang bersemangat, dan ada suasana antisipasi damai. Kami tahu bahwa orang telah menunggu 20 tahun untuk pemungutan suara ini.”

Pembukaan resmi pengawasan oleh Petugas Pengembalian John Sisiesi akan disiarkan langsung di New Dawn FM.

Proses pengawasan dan sortir surat suara berlanjut hari ini

Proses pengawasan dan sortir berlanjut hari, Minggu (8/12/2019) ini di Count Center di Hutjena.

Baca Juga:  Masalah Politik Mendominasi Kunjungan Menteri Prancis Gérald Darmanin di Kaledonia Baru

Proses ini melibatkan verifikasi di mana ARO membuka segel kotak suara dan mengkonfirmasi jumlah kertas suara di dalamnya. Ini kemudian diikuti oleh pemeriksaan integritas terhadap Jurnal Referendum untuk memverifikasi jumlah surat suara yang dikeluarkan untuk pemilih selama pemungutan suara.

Pemilihan yang diverifikasi kemudian melalui proses yang disebut pemeriksaan pendahuluan di mana BRC memeriksa bahwa orang yang memilih sebenarnya terdaftar untuk memberikan suara.

Ini dilakukan melalui pencarian gulungan elektronik untuk memeriksa master roll. Surat suara yang diverifikasi kemudian dimasukkan ke dalam wadah pencampuran. Ini semua disaksikan oleh pengamat, kelompok pengamat dan media.

BRC telah melaporkan sore ini bahwa 103 kotak suara dari total 249 telah diproses, diverifikasi, dan diakui untuk dihitung.

Hitungan ditetapkan untuk mulai setelah 249 kotak suara telah diproses, diverifikasi dan dicampur.

Pewarta: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Kotak Suara Dibuka di Pleno Tingkat Provinsi PBD, Berkas C1 Tak...

0
“Saya minta kepada KPU kota Sorong menjelaskan hal ini. Mengapa bisa C1 hasil tidak ada di kontainer distrik itu, dan tercecer ke kontainer lain? Saudara tahu, ini bukti kerjanya tidak profesional,” ujar Amos Atkana.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.