Nasional & DuniaPerhitungan Suara Akhir Referendum Bougainville Akan Dilakukan Selasa Siang

Perhitungan Suara Akhir Referendum Bougainville Akan Dilakukan Selasa Siang

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Tahap akhir dari proses pengawasan dan penghitungan surat suara yang diverifikasi akan dimulai pada besok siang, Selasa (10/12/2019).

Sebanyak 249 kotak suara sekarang telah diproses di Pusat Penghitungan BRC, dengan surat suara sementara sekarang diperiksa terhadap Referendum Roll sebelum penghitungan dimulai nanti.

Petugas Pengembalian John Sisiesi mengatakan proses itu berjalan tertib, akurat dan transparan dengan hampir 100 pengamat, pengamat internasional dan lokal yang datang di pusat perhitungan untuk memeriksa setiap proses.

Baca juga: Foto Esai Referendum Kemerdekaan Bersejarah Bougainville

“Ke-34 asisten petugas kembali telah memeriksa segel kotak suara bernomor, kemudian dibuka dengan isinya lalu dicek. Surat suara yang tidak terpakai, rusak, dan bekas, serta surat suara sementara dideklarasi.

Baca Juga:  Gubernur Powes Parkop: Lukas Enembe Adalah Patriot Papua

“Di depan pengamat, pengamat, dan media, surat suara diletakkan menghadap ke bawah dan diperiksa tanda tangan Pejabat Ketua, lalu dimasukkan ke dalam bundel berisi 100 dan ditambahkan ke tempat sampah,” kata Sisiesi sebagaimana release Komisi Referendum Bougainville yang diterima suarapapua.com, Senin (9/12/2019).

Amplop sementara untuk deklarasi saat ini sedang diperiksa terhadap keseluruhan daftar melalui sistem pencarian komputer oleh tim yang terdiri lebih dari 30 pejabat terlatih untuk memastikan hanya pemilih yang terdaftar yang dapat menghitung suara mereka.

Baca Juga:  Pemimpin Papua Nugini Mengklaim Oposisi Menyalahgunakan Proses Parlemen

Kepala Kantor Referendum menyatakan semua surat suara diperiksa, setelah itu lalu penghitungan dimulai.

“Kerahasiaan pemilih adalah unsur utama dari proses pemilihan yang kredibel – dan telah menjadi keputusan Komisi bahwa Referendum Bougainville harus diadakan dengan standar tinggi yang diakui secara internasional,” kata Claudio.

Para petugas Komisi Referendum Bougainville ketika mensortir surat suara dan data pemilih. (Dok.BRC)

Baca juga: Solomon Islands dan Indonesia Tandatangani Kerangka Kerjasama Pengembangan

“Pemungutan suara akan mengakui suara semua orang Bougainville – bukan berdasarkan wilayah.”

Kepala Kantor Referendum, Mauricio Claudio mengakui standar kerja yang tinggi oleh petugas pemungutan suara di 829 lokasi.

“Proses verifikasi yang lancar, yang berjalan sedikit lebih cepat dari jadwal adalah hasil dari semua bahan dan pejabat di pusat penghitungan melakukan pekerjaan mereka sesuai dengan proses.”

Baca Juga:  Kalsakau Mengisyaratkan Mosi Tidak Percaya Terhadap Charlot Salwai

Komisi sebelumnya telah menyetujui bahwa mereka akan membuat satu pengumuman tentang hasil setelah selesai, dan tidak merilis hitungan progresif.

Baca juga: Referendum Bougainville Berada Pada Tahap Terakhir

“Kami akan menyelesaikan tahap akhir ini secepat mungkin, tetapi selambat-lambatnya diperlukan untuk memastikan semuanya ada dalam buku ini, dan memungkinkan pengawasan dari para pengamat, dan media.”

Besok Ketua BRC, Bertie Ahern akan tiba di Buka untuk mengamati perhitungannya dan proses pengawasan.

 

 

Pewarta: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Hilirisasi Industri di Indonesia: Untung atau Buntung bagi Papua?

0
Pertanyaan bagi pemimpin negara yang sedang mendorong hilirisasi: apakah kebijakan hilirisasi memberikan untung atau buntung (rugi) bagi Papua?. Jika kita berkaca dari pengalaman selama ini, hasil kekayaan alam dikeruk secara besar-besaran dari Tanah Papua, tetapi tidak memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat Papua.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.