Alumni Uncen Siap Gelar Seminar dan Kongres Nasional

0
91

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Benyamin Gurik, Ketua Panitia Seminar Nasional dan Kongres perdana Pembentukan Alumni Universitas Cenderawasih (Uncen) mengatakan, kesiapan panitia mulai berjalan dan siap untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Seminar nasional ini  pertama setelah Uncen berdiri di Papua, hingga sekarang usia 57 tahun ini,” Kata Benyamin Gurik ketua panitia, Sabtu (7/12/2019) di Jayapura.

Katanya, ada beberapa orang yang akan bawah materi dalam kegiatan tersebut dirinya mengungkapkan, dari pusat tetapi juga dari provinsi yang hadir dan membawa materi.

“Sampai saat ini undangan kami sudah sampai di meja pemerintah pusat. Di meja Presiden bapak Joko Widodo, kebetulan dia akan Natal di Papua jadi informasi yang kami dapat sedang menyusun jadwal. kesiapan untuk panitia sedang berjalan,” katanya.

Menurutnya, Kehadiran pemerintah pusat bertujuan untuk memberikan materi yang berkaitan dengan situasi yang terjadi karena kepemimpinan Jokowi dalam pemerintahan nya yang kedua, Papua juga yang kasih menang di Pemerintahan ke dua.

“Jadi kami sudah kasih undangan ke beberapa orang diantaranya Presiden dan Mentri pendidikan yang siap hadir, ada menteri bencana alam, untuk jelaskan situasi bencana yang terjadi di Papua. selain itu ada beberapa kegiatan yang panitia bikin,” tambah Gurik.

Sementara itu, Ralf Repasi koordinator acara mengatakan, dalam pelaksanaan kegiatan akan melakukan beberapa kegiatan.

 Dalam kesiapan yang seperti ketua panitia sampaikan dalam beberapa kegiatan yang akan kami sedang siap untuk laksanakan. Diantaranya pameran pendidikan pemeran foto Uncen dari masa ke masa pameran artshop, kuliner khas Papua fun games, satnd up comedy, hiburan musik artis lokal Papua

“Selain itu bapak Jhon Wempi Wetipo Wemen PURP juga akan hadir sebagai pemateri, sehingga kami berharap alumni yang selesai dari uncen mulai dari D3, S1, S2 dan S3 dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini,” katanya.

Dia berharap, alumni dari Uncen agar mengambil bagian semua terutama alumni yang sudah bekerja, selain kehadiran diharapkan juga agar berkontribusi dalam hari pelaksanaan.

(Uncen yang menjadikan manusia yang cerdas, sehingga kami sangat harapkan kehadiran dan partisipasi dari semua alumni,” katanya.

Sementara dalam rilis Tour kegiatan yang diterima tertulis, Uncen perlu di dukung penuh agar berbenah dan dipersiapkan untuk menjadi salah satu perguruan tinggi yang berkualitas, modern dan maju di kawasan pasifik. Untuk itu, Uncen harus menjadi tempat belajar representatif yang memenuhi standar minimal perguruan tinggi berkualitas sehingga dapat menghasilkan cendekiawan-cendekiawan/ilmuwan kebanggaan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang maju, berkualitas, berkarakter budaya dan lingkungan yang mampu bersaing di skala lokal,  kawasan Timur Indonesia, Nasional hingga di tingkat internasional.

Sehingga perlu adanya sinergi-tas dari berbagai pihak baik dari Pemerintah, Civitas Akademika, Masyarakat dan tentu Alumni Uncen dari berbagai Strata (D-1-3) Sarjana (S-1) Pascasarjana (S-2) dan Program Doktor (S-3) yang pernah mengenyam pendidikan di kampus tertua dan terbesar d i Tanah Papua.

Maka dalam Momentum usia ke-57 tahun Uncen yang baru saja dilalui 10 November 2019 kemarin, telah diketahui bahwa Uncen sebagai kampus tertua, terbesar dan ternama yang diharapkan menjadi kampus terkemuka di-kawasan pasifik ini belum memiliki organisasi alumni.

Disisi lain, posisi alumni sangatlah penting dan strategis dalam upaya membangun sinergi-tas dengan kampus guna mewujudkan cita-cita pendirian sekaligus pencapaian harapan guna menjadi kampus yang terkemuka bersaing dengan perguruan tinggi negeri lain di Indonesia, sekaligus juga berkontribusi melaksanakan poin ke-tiga Tridharma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat melalui karya dan bakti alumni bagi pembangunan di Tanah Papua

Untuk itu kegiatan yang akan berjalan adalah Nama: Kongres Perdana Pembentukan Organisasi Alumni Uncen. Waktu: 15-18 Desember 2019 Tempat Kegiatan: Auditorium Universitas Cenderawasih Jayapura

Bentuk Kegiatan

  1. Seminar Nasional

Seminar ini dilaksanakan guna membangun Sinergi-tas Pemerintah, Alumni dan Kampus untuk bersama-sama membangun kesepahaman dalam mendukung Uncen membangun SDM Papua.

  1. Kongres

Kongres perdana ini dilaksanakan untuk pembentukan organisasi pengesahan AD/ART dan Peraturan Organisasi, pemilihan badan pengurus dan sekaligus pelantikan pengurus terpilih.

  1. Panggung Hiburan, Pameran Kuliner Lokal serta pameran foto Uncen dari Masa ke Masa

Kegiatan ini digarap hanya untuk menyemarakkan pelaksanaan kegiatan bersejarah diatas, sekaligus menghadirkan hiburan bagi alumni dan keluarga yang ingin mengisi waktu liburan, juga sebagai upaya memfasilitasi usaha-usaha mama-mama Papua di areal kegiatan

Pewarta: Ardi Bayage

Editor: Arnold Belau