PSW YPK Kab. Jayapura Gelar Raker dan Evaluasi 

0
72

SENTANI, SUARAPAPUA.com— Pengelola Sekolah Wilayah (PSW) Yayasan Pendidikan Kristen Kab. Jayapura telah melakukan raker ke-1 dan evaluasi untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di  Jemaat GKI Soar Abeale Sentani.

Ketua PSW Kab. Jayapura,  Pnt. Yan Pieter Yom menjelaskan, tujuan raker yang digelar adalah untuk evaluasi dan tingkatkan SDM  sekolah- sekolah YPK  dan semua manusia yang ada di Gereja Kristen Injili di Tanah Papua.

“Jadi GKI punya anak kandung adalah YPK. Di sana mereka belajar  menulis, membaca dan berhitung sehingga ketika anak didik beranjak remaja dan dewasa bisa menjadi jemaat yang baik,” jelasnya pada Rabu (4/12/2019) lalu.

Kata Yoam, tahun 2012 raker digelar Alpius Toam sebagai ketua PSW dan kepala dinas. Saat ini pihaknya melanjutkan apa yang pernah dilakukan Toam. Sehingga serasi dengan tujuan dari bagaimana mengajarkan dan memanusiakan manusia di bidang pendidikan.

Raker diharapkan menjadi bahan evaluasi untuk sekolah-sekolah YPK dalam menanamkan rasa iman, disiplin dan motivasi yang tinggi untuk melakukan pekerjaan.

“Pekerjaan mendidik bukan semudah membalik telapak tangan tetapi butuh pengorbanan untuk melakukan pekerjaan itu. Tanggung jawab pendidikan adalah tanggung jawab kita bersama,” ujarnya.

Dikatakan, selain mendidik, tugas berat lainnya adalah evaluasi kembali dan membuat rancangan program untuk tahun 2020. Nantinya, akan hasil evaluasi dan program yang telah disusun akan dijalankan secara kelembagaan oleh  sekolah-sekolah YPK dari Paud, TK, SD, SMA/SLTA dan SMK di Kab. Jayapura.

Sementra itu, Ketua Panitia Reker I, sekaligus Sekretaris Perencanaan Program SPW YPK, Pdt. Jhon Haay, mengatakan Raker I ini merupakan suatu pergumulan bagi semua Guru-guru, orang tua dan juga peserta didik (anak-anak), beberapa tahun yang lalu hanya dipimpin oleh satu orang koodinator maka tidak begitu maksimal karena wilayah pelayanan yang begitu besar.

“Khususnya GKI ada delapan klasis yang tersebar di Kabupaten Jayapura,  ada 53 Sekolah YPK yang terdiri dari 6 TK dan Paud, 32 Sekolah Dasar, 8 SMP dan 3 SMA/SMK. Hari ini kami bikin raker untuk pertama kalinya,” ungkap Haay.

Tujuan dari Raker I adalah memaksimalkan daya saing pendidikan di kabupaten Jayapura, agar Sekolah YPK harus unggul sesuai motto yakni ‘YPK Unggul’ dan bagaimana mempersiapkan guru agar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Semoga raker I ini kami sama-sama duduk dan berbicara dari hati ke hati untuk bagaimana mengembangkan YPK, dan juga partisipasi dukungan dari orang tua, guru-guru serta badan pengurus, kami satu hati dan bertekat untuk membangun YPK yang lebih baik di Kabupaten Jayapura,” harapnya.

Pewarta: SP-CR15

Editor: Arnold Belau