Bupati Awoitauw Tutup Diklat Pimpinan Tingkat III dan IV  

0
45

SENTANI, SUARAPAPUA.com — Setelah berlangsung selama empat bulan akhirnya, Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) kepemimpinan III dan IV di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Jayapura resmi ditutup Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura Gunung Merah Sentani, Senin (9/12/19) lalu.

Dalam sambutannya Mathius menyampaikan selamat kepada seluruh peserta yang telah mengikuti Diklat Kepemimpinan yang berlangsung selama empat bulan dari tanggal 26 Agustus – 05 Desember 2019.

“Pertama kita mengucap syukur kepada Tuhan karena selama empat bulan, Bapak Ibu telah mengikuti satu proses yang sangat penting dalam upaya meningkatkan kapasitas dan meningkatkan integritas pekerjaan”, katanya.

Ia menjelaskan, tujuan dari Pendidikan dan Pelatihan ini sesuai dengan PP No 101 Tahun 2000, dengan memberikan penekanan terhadap upaya peningkatan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap dalam melaksanakan tugas jabatan struktural sehingga dapat menghasilkan sosok aparatur yang mampu berperang sebagai pembaru perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Indikator yang paling sederhana adalah masih maraknya korupsi, birokrasi yang berbelit-belit seperti kita sering dengar di televisi dan media lainnya,” katanya.

Hari ini, kata dia, bertepatan dengan hari Korupsi sedunia dan aparat birokrasi selalu identik dengan Korupsi, ini menandakan memang sistem birokrasi kurang efeksif dan efisien dalam berbagai hal untuk itu perjalanan reformasi yang diharapkan dapat mengarahkan pada terwujudnya pemerintah yang baik, saat ini masih belum secara nyata menampakkan hasilnya.

Mathius, berharap dalam pelatihan ini peserta yang selesai ini bisa membuat inovasi-inovasi baru.

Sementara itu, salah satu peserta Diklat Pimpinan III dan IV, Junno. R. Marbase mengatakan, banyak hal yang kita pelajari dalam diklat ini. Salah satunya dengan menyusun proyek perubahan, gunanya ada inovasi yang baru di tempat kerja.

“Kedepannya harus ada inovasi dan perubahan dan apa yang sudah kami temukan ini akan bermanfaat bukan untuk kita tapi untuk masyarakat dengan perubahan yang kita buat ditempat kerja kita masing-masing,” harap Junno.

Diklat pimpin tingkat III sebanyak 26 orang dan tingkat IV sebanyak 52 orang.

Pewarta: SP-CR15

Editor: Arnold Belau