Gustaf Kawer dan Yohanis Mambrasar Raih Penghargaan Pro Bono Champions 2019

0
172
Gustaf R Kawer dan Yohanis Mambrasar usai menerima penghargaan Pro Bono Champions Awards 2019 di Jakarta. (IST - SP)

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Gustaf R Kawer, S.H., M.Si dan Yohanis Mambrasar, S.H, dua advokat dari Perkumpulan Advokat HAM Papua (PAHAM Papua) pada Kantor Advokat-Pengacara Gustaf Rudolf Kawer, S.H,M.Si dan Rekan mendapat penghargaan Pro Bono Champions 2019 yang diselenggarakan Hukumonline.

Pemberian penghargaan tersebut dilakukan di Jakarta, pada 11 Desember 2019.

Dikutip dari hukumonline.com, Kantor Advokat/Pengacara Gustaf R Kawer, S.H., M.Si dan Rekan dinobatkan sebagai pemenang atau juara pada kategori utama Hukumonline Awards 2019 yakni jumlah jam pro bono terbanyak/Excellence Awards Pro-Bono Hours.

Lima nominator untuk kantor hukum dengan 1-10 advokat ialah Kantor Advokat/Pengacara Gustaf Rudolf Kawer, S.H.,M.Si. dan Rekan (Papua), Farida Law Office (DKI Jakarta), Sheyoputra Law Office (DKI Jakarta), Kantor Biro Hukum Parna Keadilan (Sumatera Utara), dan Catur Pilar Law Firm (Sumatera Barat). Dan Gelar juara jatuh kepada Kantor Advokat/Pengacara Gustaf Rudolf Kawer, S.H.,M.Si. dan Rekan (Papua).

Penghargaan untuk individu advokat dengan kegiatan pro bono litigasi paling inspiratif/The Most Inspiring Lawyer in the Field of ProBono Litigation juga memiliki lima nominator. Mereka adalah Apilus Menufandu, S.H dari Kantor Advokat/Pengacara Gustaf Rudolf Kawer, S.H.,M.Si. dan Rekan (Papua), Asep Ridwan dari Assegaf Hamzah & Partners (DKI Jakarta), David Tobing dari ADAMS & CO., Counsellors-at-law (DKI Jakarta), Donny Sheyoputra dari Sheyoputra Law Office (DKI Jakarta), dan Rangga Afianto dari HDRA & Partners  (DKI Jakarta).

Melalui penilaian dewan juri independen, gelar juara The Most Inspiring Lawyer in the Field of Pro-Bono Litigation diraih oleh David Tobing, founding Partner di ADAMS & CO., Counsellors-at-law (DKI Jakarta) dan The Most Inspiring Lawyer in the Field of Pro Bono Non-Litigation diraih Yohanes Mambrasar, Partner di Kantor Advokat-Pengacara Gustaf Rudolf Kawer, S.H,M.Si dan Rekan  (Papua).

Survei Hukumonline Award Pro Bono Champions 2019 merupakan inisiatif Hukumonline untuk para advokat pegiat pro bono dalam rangka mendorong advokat Indonesia yang konsisten menunaikan kewajiban pelaksanaan pro bono sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan akses terhadap keadilan (access to justice) bagi masyarakat tidak mampu baik secara ekonomi maupun secara sosial dan politik (kelompok rentan). Pro bono atau bantuan hukum cuma-cuma merupakan kewajiban yang melekat bagi setiap individu advokat untuk membantu kelompok yang membutuhkan tanpa pamrih, dan oleh karenanya, profesi ini menjadi profesi yang terhormat atau officium nobile.

Kegiatan Survei Hukumonline Award Pro Bono Champions adalah survei tahunan yang telah dimulai sejak tahun 2018. Kegiatan ini merupakan inisiatif terbuka yang mengajak berbagai pihak untuk berkolaborasi menumbuhkan ekosistem dan budaya Pro Bono di Indonesia.

Tahun 2019 ini tercatat ada 70 kantor hukum yang menjadi responden. Angka ini meningkat 22,8 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 57 responden. Puluhan kantor tersebut tersebar di berbagai pulau dari timur hingga barat Indonesia. Tercatat ada 20 provinsi asal para kantor hukum yang menjadi responden. Meningkat jika dibandingkan tahun 2018 sebanyak 16 provinsi.

REDAKSI