Jimmy Ijie: Infrastruktur di Tambrauw Masih Jauh dari Harapan

0
1155

TAMBRAUW, SUARAPAPUA.com—  Jimmy Demianus Ijie anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan dapil Papua Barat melakukan kunjungan kerja di Kab. Tambrauw, Papua Barat.

Kepada suarapapua.com di Tambrauw, Papua Barat, Jimmy mengatakan pembangunan infrastruktur di kabupaten tersebut masih jauh dari harapan.  Kata dia,  infraksruktur dasar seperti Jalan, jembatan masih harus menjadi perhatian serius pemerintah Tambrauw.

“Infrastruktur dasar masih jauh dari harapan kita.   Sebagian besar masyarakat selama ini lebih sering menggunakan laut sebagai jalur transportasi, sedangkan pelabuhan yang digunakan itu belum mendukung. Kami akan perjuangkan bersama Dirjen Perhubungan Laut untuk mencari titik yang lebih aman untuk pengembangan pelabuhan baru,” jelasnya pada Rabu (11/12/2019).

Baca Juga:  Kotak Suara Dibuka di Pleno Tingkat Provinsi PBD, Berkas C1 Tak Ditemukan

Ia membeberkan, ada jembatan yang mencapai 200 meter, untuk itu pemerintah pusat harus bisa membantu dalam bentuk DAK (Dana Alokasi Khusus) meskipun bukan ruas nasional.

“Cara mendapatkan DAK itu urusan saya, pembahasan ini untuk 2021, karena 2020 sudah selesai. Pemerintah pusat bisa bantu dengan DAK,” katanya.

ads

Ijie mengharapkan agar bupati selalu koordinasi dengan dirinya di Komisi V DPR RI.

Baca Juga:  Ruang Panggung HAM Harus Dihidupkan di Wilayah Sorong Raya

“Ini penting. Supaya kami kami kasih siklus anggaran di DPR supaya tidak terlambat,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Kab. Tambrauw, Gabriel Asem mengatakan, pihaknya membutuhkan  infaksruktur dasar seperti, jalan, jembatan, pelabuhan laut dan juga pelabuhan udara.

“Karena ini semua menjadi awal dari semua pembangunan. Kalau semua itu baik, pembangunan di daerah ini bisa berjalan baik,” katanya.

Asem berharap, dengan kunjungan anggota DPR RI Komisi V tersebut membuahkan hasil yang positif.

“Kami harap komisi V DPR membekap usulan kami tentang masalah pembangunan infraksruktur di sini.  Jalan yang saat ini kami sangat butuh untuk di tingkatkan yaitu ruas nasional yang dari Makbon ke Mega, sementara jalan dari Mega sampai ke Sausapor ini sebagian sudah ditangani oleh propinsi,” terangnya.

Baca Juga:  Demo KPU, Massa Aksi Tuntut Keterwakilan Tambrauw di DPR PBD

Kata Asem, ruas jalan nasional dari Makbon ke Mega perlu ditingkatkan.  Sementara jalan dari Sausapor ke Werur masih sedang usulkan peningkatan status strategis nasional ke ruas jalan nasional.

“Upaya peningkatan ini kami sedang lakukan agar dana diback up dari APBN,” katanya.

Pewarta: SP-CR12

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaMenang Referendum, TPNPB OPM Sampaikan Selamat Kepada Rakyat Bougainville
Artikel berikutnyaPengusaha Asli Papua Siap Renovasi 403 Unit Ruko yang Terbakar