Komite Nasional Papua BaratMenang Referendum, TPNPB OPM Sampaikan Selamat Kepada Rakyat Bougainville

Menang Referendum, TPNPB OPM Sampaikan Selamat Kepada Rakyat Bougainville

JAYAPURA SUARAPAPUA.com— Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) menyampaikan selamat kepada rakyat dan bangsa Bougainville yang telah memenangkan referendum dengan total suara 79 persen (176.928) dari total pemilih 181.067 suara.

“OPM dengan sayap militernya, TPNPB telah mengirim delegasi yang dipimpinan langsung oleh Ketua OPM Hon.Jeffrey Bomanak berdasarkan undangan resmi Pimpinan BRA. Selain kami juga didampingi utusan dari KNPB untuk menyaksikan proses referendum itu, maka kami sampaikan selamat kepada pemerintah dan bangsa Bougainville,” kata Sebby Sambom, Juru bicara TPNPB melalu release yang dikirim ke redaksi suarapapua.com dari Markas Komando Pusat TPNPB di Wanum, Kamis (12/12/2019).

Baca Juga:  Kadis PUPR Sorsel Diduga Terlibat Politik Praktis, Obaja: Harus Dinonaktifkan

Baca juga: Akhirnya, Mayoritas Rakyat Bougainville Memilih Merdeka Dari PNG

Sebby mengakui, Ketua Delegasi Resmi Bangsa Papua, Hon.Jeffrey Bomanak bersama rombongan pada, Kamis 12 Desember 2019 bertolak ke Arawa, tanah besar di Bougainville untuk menyaksikan langsung pengumuman yang akan disampaikan Perdana Menteri PNG, Hon.James Marape yang akan berkunjung ke sana, Jumat 13 Desember 2019.

Baca Juga:  KNPB Yahukimo Desak Komnas HAM RI Libatkan Stakeholder Investigasi Kasus Kekerasan di Tanah Papua

“Kemenangan Bougainville adalah Kemenangan kita orang-orang Melanesia dalam sejarah dunia, yaitu memenangkan dengan angka 97 persen yang merupakan kemenangan terbesar dalam sejarah dunia. Oleh karena itu Kami hormati dan apresiasi kepada Rakyat dan Pimpinan Bangsa Bougainville, dan ini juga tidak lepas dari perhatian Pemerintah PNG yang benar-benar menghormati hak asasi manusia dan demokrasi rakyat yang ingin merdeka,” kata Sambom.

Baca Juga:  Sikap Mahasiswa Papua Terhadap Kasus Penyiksaan dan Berbagai Kasus Kekerasaan Aparat Keamanan

Dengan pengalaman ini katanya, pihaknya berharap kepada Pemerintah Indonesia untuk harus belajar dari Pemerintah PNG yang berani memberikan kesempatan kepada Bangsa Bougainville menentukan nasibnya sendiri melalui referendum.

Pewarta : Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pemkab Yahukimo dan PGGJ Diminta Perhatikan Keamanan Warga Sipil

0
"Sampai saat ini belum ada ketegasan terkait pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di sana. Tidak ada ketegasan dari pemerintah daerah Yahukimo. Kami minta untuk segera tangani.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.