OAP Diharapkan Memiliki Pengetahuan yang Relevan

0
1305

DEKAI, SUARAPAPUA.com—Asisten II Sekda Kabupaten Yahukimo, Aron Wanimbo mengatakan, dirinya berharap para peserta pendidikan dan pelatihan batako dan menjahit memiliki pengetahuan yang sangat relevan.

Hal Tersebut disampaikan Wanimbo usai membuka kegiatan pendidikan dan pelatihan ketrampilan bagi pencari kerja orang asli papua di dekai belum lama ini.

Dikatakan , pelatihan menjahit dan pembuatan batako ini merupakan kebutuhan sekunder. maka Wanimbo mengharapkan para peserta agar memiliki pengetahuan yang sangat relefan dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Yahukimo Dan Kementrian Tenaga Kerja.

Baca Juga:  KPU Papua Terpaksa Ambil Alih Pleno Tingkat Kota Jayapura

“dunia jaman sekarang jaman moderen dan dikendalikan dengan teknologi sehingga para peserta bisa memahami agar bisa terjun ke dunia usaha lainnya ,” katanya.

selain itu Wanimbo juga menambahkan,  dengan adanya kegiatan ini , dirinya mengharapkan para peserta bisa mengembangkan usaha dengan keahliannya masing-masing baik itu jahit-menjahit, mencetak batako,  maupun keahlian lainnya untuk menjadi nilai tambah dalam  mencukupi kebutuhan dalam rumah tangga.

ads
Baca Juga:  Jelang Idul Fitri, Pertamina Monitor Kesiapan Layanan Avtur di Terminal Sentani

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Yahukimo Nelson Kabak menjelaskan, kegiatan pelatihan ketrampilan diselenggarakan guna untuk mengembangkan usaha bagi orang asli papua selain bercocok tanam dan beternak  ke  usaha bagian bersifat jasa.

“ Orang-orang disini kan hanya bercocok tanam dan beternak jadi kami sengaja agar mereka juga bisa terjun ke usaha bersifat jasa,” katanya.

Baca Juga:  Kepala Suku Abun Menyampaikan Maaf Atas Pernyataannya yang Menyinggung Intelektual Abun

Dikatakanya, dinas tenaga kerja memilih kegiatan pelatihan menjahit dan mencetak batako  karena kabupaten yahukimo memiliki  potensi sumber daya alam  yang sangat bagus.

Pelatihan sendiri kata kabak , akan berlangsung selama lima hari kedepan, pelatihan ini ada teori dan juga ada praktek yang dibawakan oleh kementrian tenaga kerja .

Pewarta : Ruland Kabak

Editor    : Arnold Belau

Artikel sebelumnyaNGOs from Korea and Indonesia file OECD complaint against POSCO International
Artikel berikutnyaAnggota DPRP Prihatin dan Sesalkan Kematian karena Miras di Nduga