Diskominfo Ketemu Awak Media Bahas PON 2020 di Papua

0
1322

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Provinsi Papua telah bertemu dengan jurnalis dari berbagai media di Kota Jayapura pada Jumat (13/12/2019) di Hotel Swissbell.

Kepala Dinas Kominfo Papua, Kansiana Salle menjelaskan, pihaknya melakukan pelatihan dengan jurnalis soal PON 2020. Karena tanpa media, PON 2020 tidak akan berjalan dengan baik di Papua.

Sejauh ini, kata dia, Diskominfo sudah melakukan beberapa langkah untuk sukseskan PON 2020 agar wartawan lokal yang ada bisa melakukan peliputan dengan aman selama kegiatan berlangsung.

Baca Juga:  Suku Abun Gelar RDP Siap Bertarung Dalam Pilkada 2024

“Kami siapkan Sim PON, sarana media Centre dan yang paling penting lagi infrastruktur di semua Venue harus tersedia secara optimal seperti internet. Artinya tidak lelet seperti sekarang ini. Terlebih kita sudah antisipasi bagaimana seandainya kejadian seperti force major dan sebagainya itu sudah tersedia,” katanya.

Salle menambahkan, fiber optik di semua Venue yang sebagian besar sudah ada, namun beberapa tempat yang sedang dipersiapkan.

ads

“Kabel optik sangat penting karena selama kegiatan berjalan jaringan internet-nya harus bagus supaya bisa disiarkan secara langsung. Jadi hanya kabupaten Merauke saja yang sedang disiapkan,” tambah dia.

Baca Juga:  Asosiasi Wartawan Papua Taruh Fondasi di Pra Raker Pertama

Sementara itu, Yusuf Yambe Yabdi, wakil ketua harian BP PON XX 2020 mengatakan, beberapa hari lalu pihaknya telah melakukan rapat untuk menyusun panitia inti. Salah satunya adalah media center, agar pada saat PON aktivitas media bisa berjalan baik.

“Semua sudah berjalan, 312 hari tersisa ini kita fokus pada kesiapan penyelenggara PON antara lain, persiapan pembukaan, persiapan pertandingan tiap cabor dan penutupan. Ini tiga hal yang akan terus dilakukan sampai PON 2020. Kita bagi dalam tiap layanan, upacara pembukaan, penyambutan Kontingen dan kenaikan bendera Kontingen serta penutupan,”  jelas Yambe.

Baca Juga:  Leg Kedua Sore Ini di Biak, Persiraja Siap Dipulangkan PSBS

Sementara itu, Azis  Matdoan, wakil Ketua Bidang Humas PB PON mengatakan, untuk peliputan nanti, PB PON akan menyiapkan media center di masing masing Venue untuk memudahkan dalam kerja peliputan.

“Jadi tapi 3 bulan sebelum pelaksanaan PON kami akan melakukan tes event. Untuk struktur organisasi humas PPM sendiri sudah buat dalam struktur,” katanya.

Pewarta: Ardi Bayage

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaDesak PBB dalam Bayang Kepentingan Imperialis dan Kolonialis
Artikel berikutnyaKapal untuk Patroli di Laut Papua Diresmikan