Kapal untuk Patroli di Laut Papua Diresmikan

0
86

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Pemerintah Provinsi Papua telah meresmikan kapal yang akan digunakan untuk melakukan patroli dan pengawasan di lautan Papua pada Jumat (13/12/2019). 

Peresmian kapal tersebut dilakukan oleh Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Fransiskus Xaverius Mote didampingi Asisten II Setda Provinsi Papua bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat, Muhammad Musa’ad.

Frans X Mote mengatakan, pihaknya bersyukur karena bisa menerima satu kapal untuk patroli dan menjaga laut Papua. Ia mengungkapkan, kapal bernama Korase itu adalah kapal keluaran baru dengan alat yang paling canggih dan modern.

“Kami sudah usulkan untuk kami miliki kapal di tahun 2019. Setelah diusulkan pada bulan Maret saat ini kami resmikan. Pembelian kapal ini bersumber dari dana DAK Provinsi Papua tahun 2019,” jelasnya.

Dengan adanya kapal tersebut, kata Mote, pihaknya bisa  memantau perairan laut untuk mencegah pencurian dan penangkapan ikan tidak sesuai aturan.

“Kapal ini untuk mengawasi WPP 1717 Wilayah Utara. Dengan kapal ini kami bisa pantau pelanggaran langsung dari kapal. Dengan kapal ini kita bisa langsung merapat dengan kapal nomor registrasi, lampu kapal dan lain sebagainya,” katanya.

Kapal yang baru diresmikan tersebut dengan spesifikasi: Panjang 16 cm, kekuatan daya dorong 50 knot, motot tempel yang dipasang 200,20X3 dan kapal tersebut bisa jalan saat  situasi laut kurang bagus.

“Artinya bisa ketahui apa yang ada dalam laut dan apa yang orang lakukan diatas laut,” tambah Mote.

Sementara itu, Musa’ad Asisten II Sekretaris Daerah Bidang Perekonomian dan Kesra Provinsi Papua mengatakan, pihaknya akan mendorong agar kapal yang dihadirkan Dinas Perikanan dan Kelautan mempunyai operasional khusus untuk merawat Kapal tersebut.

“Jadi atas nama pemerintah provinsi dalam hal bapak Lukas dan Klemen kami bangga dengan kinerja kadis ini, berharap ini menjadi contoh untuk dinas lain di Pemprov bahkan kabupaten. Dalam kesempatan ini karena bapak gubernur ada urusan lain saya diutus untuk meresmikan,” ucapnya.

Ia berharap, kedepan demi kelancaran program pemerintah dirinya akan mengusulkan agar menetapkan sebuah regulasi yang bisa mengatur operasional untuk merawat kapal.

Pewarta: Ardi Bayage

Editor: Arnold Belau