Gereja-Gereja Papua Menghadapi Globalisasi

0
1721

Oleh: Sdr. Vredigando Engelberto Namsa, OFM)*

Era globalisasi adalah era peralihan dan segala penentuan nasib kepada pilihan bebas individu. Segala penentuan yang bersifat niscaya menjadi semakin berkurang dan lemah. Di tengah situasi semacam ini yang semakin berperan  adalah individu itu sendiri. Setiap individu mesti sendiri memilih dari sekian banyak tawaran dan bertanggung jawab atas pilihan itu. Manusia yang mandiri, yang berpikir dan bertindak berdasarkan pertimbangan yang dibuatnya sendiri,  adalah manusia yang dapat menghadapi tantangan globalisasi. Sebab itu, untuk umat menghadapi globalisasi, gereja-gereja Papua diperlukan solidaritas. Semangat belarasa, melihat melampaui kepentingan sendiri, adalah sikap yang perlu ditumbuhkan dalam era globalisasi, dan gereja-gereja Papua dipanggil untuk menumbuhkannya.

Memperkuat Kemandirian Individu

Ungkapan terkenal dari seorang Teolog Katolik Karl Ranher berkaitan dengan keimanan dalam konteks modern berlaku pula dalam konteks globalisasi “Orang Kristen di masa depan itu harus menjadi mistikus”. Artinya, orang harus bertumbuh sebagai individu yang beriman dan mempunyai kesadaran pribadi dan rasa percaya diri yang sehat.  Untuk menghadapi tantangan yang datang dari arus globalisasi kita butuhkan manusia-manusia yang memiliki kemandirian pribadi yang baik. Manusia yang tidak mengabaikan nuraninya pada sesama yang lain dan akalnya pada sebuah lembaga akan sanggup menghadapi berbagai tawaran dan kemungkinan yang disampaikan kepadanya di era globalisasi.

Kemandirian mensyaratkan suasana kebebasan. Orang mesti dibebaskan dari tekanan luar untuk dapat secara pribadi menentukan sendiri arah tindakan dan gagasannya (R. Mirsel, dalam ertikelnya “ hidup berpengharapan di tengah badai globalisasi” 2011). Hanya di dalam suasana kebebasan dituntut tanggungjawab atas diri mempunyai landasan pembenaran. Tetapi itu tidak berarti bahwa pribadi yang mandiri harus dijauhkan dari segala macam arus informasi yang menantang dan menawarkan berbagai kerangka pemikiran. Mandiri tidak berarti setiap orang harus menciptakan sendiri sebuah kerangka kehidupan yang sama sekali baru. Yang terpenting dalam kemandirian adalah orang menentukan sendiri sebuah kerangka pemikiran dan tindakan.

ads
Baca Juga:  Musnahnya Pemilik Negeri Dari Kedatangan Bangsa Asing

Kita tidak dapat mengandaikan bahwa manusia sudah mandiri dari awal, dan agama boleh membangun terus di atas landasan kemandirian itu. Gereja – gereja Papua mestinya menjadikan kemandirian umat sebagai tujuan. Tujuan ini dilaksanakan oleh gereja antara lain melalui pendidikan. Artinya bahwa pendidikan yang melengkapi orang dengan kesadaran kritis akan segala yang datang dari luar, termasuk di dalam ajaran budaya dan agamanya. Memang, kita tidak pernah akan sanggup berpikir tanpa ajaran, namun ini bukan berarti kita tidak bisa mempertanyakan  secara kritis ajaran kita. Yang mestinya terus ditingkatkan di dalam pendidikan menuju kemandirian  adalah mempertanyakan kepentingan yang dilindungi oleh sebuah ajaran.

Gereja-gereja Papua perlu memikirkan pendidikan untuk membantu orang-orang Papua menjadi manusia yang mandiri.  Guna membentuk pribadi-pribadi yang mandiri diperlukan partisipasi lembaga-lembaga pendidikan. Kemandirian itu tampak dalam kemampuan berpikir mandiri, ketrampilan bekerja dan berdayasaing. Globalisasi membuka banyak peluang usaha dan interaksi  lintas batas bagi orang Papua. Agar kita dapat mengambil manfaat dari peluang ini, kita perlu mendidik orang-orang kita agar memiliki kepribadian yang mandiri serta mentalitas dan kecakapan berwirausaha. Di sini gereja-gereja Papua perlu menggalang kerjasama dengan berbagai pihak yang mempunyai kepedulian dalam bidang pendidikan.

Baca Juga:  Adakah Ruang Ekonomi Rakyat Dalam Keputusan Politik?

Menumbuhkan Semangat Kebersamaan

Gereja-gereja Papua perlu membuka kesadaran dan menajamkan nurani para pemeluknya untuk menangkap berbagai penyelewengan dan pelecehan terhadap martabat manusia, untuk menyuarakan berbagai pengukuhan terhadap kemandirian manusia. Nilai kemanusiaan seseorang tidak ditentukan atau dibatasi oleh agama, kebudayaan atau jenis kelamin tertentu. Gereja-gereja Papua sebagai wadah sosial dan historis yang mengingatkan manusia akan Allah sebagai Pencipta umat manusia perlu membuka mata manusia terhadap keluhuran martabat manusia. Bagi gereja Katolik, manusia bermartabat luhur  karena dia adalah ciptaan Allah yang paling luhur dan karena itu Allah berhak atas dirinya. Hak Allah atas diri manusia menjadi jaminan dan dasar bagi hak asasi manusia (HAM). Karena Allah berhak atas manusia, maka manusia-manusia tidak dapat melecehkan hak manusia lain. Mempermainkan hak manusia berarti melecehkan hak Allah atas manusia (Paul Budi Kleden, dalam buku “Teologi Terlibat” 2003).

Derasnya arus globalisasi hanya dapat ditanggapi apabila warga membentuk dan memelihara persekutuan dan kebersamaan. Tidak jarang terjadi, untuk memudahkan ekspansi kekuatan ekonomi, orang memecah-belah kesatuan tradisional warga. Menghadapi tantangan seperti ini gereja-gereja Papua perlu secara intensif  dan sistematis memberikan motivasi dan melatih ketrampilan umat untuk membentuk atau memperkuat persekutuan dan kelompok-kelompok.

Menumbuhkan semangat kebersamaan intrakelompok dan kebersamaan antarkelompok menjadi tujuan utama. Pengalaman sering menunjukan umat kita sangat mudah menyatakan semangat kebersamaan dalam kelompok sendiri. Kebutuhan dan kesulitan yang sedang dihadapi seseorang atau satu keluarga dalam kelompok sendiri muda ditanggapi. Sangat mudah menggalang aksi kebersamaan untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh sesama agama sendiri daripada agama lain. Namun, kurang menyatakan sikap bela rasa terhadap kesulitan  dan kebutuhan yang sedang dialami kelompok lain

Baca Juga:  Kura-Kura Digital

Era globalisasi menuntut gereja-gereja Papua untuk semakin menjadikan semangat kebersamaan dengan umatnya. Menghadapi kualisasi ekonomi dan politik yang tidak peka terhadap daya tahan dan daya serap masyarakat, gereja-gereja Papua ditantang untuk menunjukan sikap terhadap kekuatan-kekuatan tersebut. Selain itu, gereja-gereja Papua perlu mendorong dan memanfaatkan wadah kerukunan dan semangat kebersamaan orang Papua di mana saja untuk memberikan kontribusi pemikiran tentang apa yang perlu dilakukan di Papua.

Menjadi Lembaga Yang Kritis

Tidak dapat dipungkiri, globalisasi membentuk pola pikir melalui penyebaran konsumsi, secara perlahan, wawasan dan perilaku orang berubah karena apa yang dibeli, digunakan, dan dibuangnya. Menghadapi kenyataan ini, gereja-gereja Papua menjadi lembaga yang kritis secara ke dalam dan keluar. Perlu bertanya secara kritis tentang apa yang dihadapi oleh umat, tentang apa yang terjadi saat ini dan menjadi lembaga yang kritis bagi pihak-pihak lain. Gereja-gereja Papua perlu bersikap kritis terhadap diri dan terlibat dalam perjuangan masyarakat memanfaatkan peluang positif dari arus globalisasi dan menangkal bahaya-bahayanya.

)*Penulis adalah Mahasiswa Pascasarjana STFT Fajar Timur Abepura

Artikel sebelumnyaYSP Gelar Natal Anjal, Amos: Mereka Bakat Papua
Artikel berikutnyaHasil Tes CPNS 2018 akan Diumumkan Januari 2020