Polda Papua Bantah Ada Droping Aparat di Sugapa

0
1532

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com—  Polda Papua membantah ada penerjunan atau penambahan pasukan TNI-Polri yang berulang di Sugapa, Intan Jaya, Papua, pada rentang waktu 14-16 Desember 2019 lalu.

Hal itu disampaikan oleh Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, saat menanggapi kabar yang dimuat media ini edisi kemarin yang menyebut bahwa Pemerintah Indonesia telah menerjunkan pasukan TNI-Polri menggunakan Helikopter di Sugapa, seperti dikutip media ini dari laman akurat.co.

Berita yang dibantah Polda Papua adalah berita berjudul, Berita Foto: Jelang Natal, Diam-Diam Negara Droping Aparat di Paniai dan Intan Jaya yang diterbitkan Suara Papua pada edisi kemarin.

Baca Juga:  Desak Pelaku Diadili, PMKRI Sorong Minta Panglima TNI Copot Pangdam Cenderawasih

Kamal menegaskan bahwa kalaupun ada personel TNI-Polri di Sugapa, tugas atau pun aktivitas yang dilakukan hanya sebatas hal-hal yang rutin saja melaksanakan patroli, razia dan menyambangi kampung-kampung, guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat menjelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

“Kehadiran aparat keamanan TNI/Polri di Papua khususnya di Sugapa untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat, untuk itu masyarakat tidak perlu takut dengan kehadiran aparat keamanan,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Jakarta, Selasa (17/12/2019).

ads
Baca Juga:  Pelaku Penyiksaan Harus Diadili, Desakan Copot Pangdam Cenderawasih Terus Disuarakan

Kamal menegaskan bahwa tidak ada penambahan personel di Sugapa. Menurutnya, personel TNI-Polri yang ada hanya untuk menjaga stabilitas keamanan di wilayah Sugapa.

“Kita ketahui bahwa umat Nasrani akan merayakan hari besar yakni hari Natal, sebagai umat beragama mari kita bersama-sama menjaga stabilitas keamanan di Tanah Papua ini agar tetap aman dan kondusif sehingga saudara-saudara kita umat Nasrani dapat merayakan hari Natal dengan hikmah,” ujarnya.

Baca Juga:  Pembagian Selebaran Aksi di Sentani Dibubarkan

Meskipun Polda Papua membantah bahwa tidak ada penambahan aparat di Intan Jaya, sumber informasi Suara Papua di Sugapa mengungkapkan bahwa telah dilakukan pendropan pasukan ke Sugapa antara 14 – 16 Desember kemarin.

Dari foto dan video yang diterima Suara Papua, mengidikasikan bahwa benar ada pendropan pasukan di Intan Jaya.


Pewarta: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaBerita Foto: Kapal ‘Bakarat’ di Taman Mesran
Artikel berikutnyaBaku Tembak Pecah di Intan Jaya Jelang Natal