Hari Ini Pemkab akan Gelar Pertemuan Sikapi Situasi Intan Jaya di Sugapa

0
1241

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Pemerintah Kabupaten Intan Jaya, Papua akan menggelar pertemuan dengan berbagai elemen pimpinan di  daerah tersebut untuk sikapi situasi dan kondisi terakhir pasca baku tembak antara TPNPB dan TNI/Polri terjadi pada 17 Desember lalu.

“Kemungkinan besok pak bupati kami naik besok (hari ini) kalau tidak ada halangan. Rencananya mau rapat dengan TNI/Polri, gereja, masyarakat dan semua elemen yang ada di Intan Jaya,” ungkap Asir Mirip, Sekretaris Daerah (Sekda) Kab. Intan Jaya saat menghubungi suarapapua.com dari Nabire, (19/20/2019) kemarin.

Baca Juga:  Dukcapil Intan Jaya akan Lanjutkan Perekaman Data Penduduk di Tiga Distrik

Ia membeberkan, pertemuan tersebut jika berjalan sesuai dengan rencana, akan digelar di kantor bupati Kab. Intan Jaya.

“Kami mau bikin pertemuan supaya menjelang natal dan tahun baru ini semua pihak menahan diri agar Natal dapat dirayakan masyarakat Intan Jaya dengan aman dan damai,” terangnya.

Sementara 17 Desember hingga 19 Desember  2019, bupati Natalis Tabuni, Bupati Kab. Intan Jaya yang dihubungi suarapapua.com tidak mendapat respon apa apun meskipun nomornya aktif. Demikian halnya, ketua DPRD sementara Kab. Intan Jaya, Melianus Belau yang tidak memberikan respon apa pun meski nomor teleponnya tidak.

ads
Baca Juga:  Pemda Intan Jaya Umumkan Jadwal Pelaksanaan Tes CAT K2

Hingga berita ini diturunkan, kondisi keamanan di Intan Jaya kurang kondusif. Seperti diberitakan media ini kemarin, 19 Desember terpantau tiga helikopter TNI melakukan pendropan pasukan ke Distrik Ugimba. Dan pada 18 Desember lalu terpantau juga ada penambahan Pasukan dengan helikopter super puma milik TNI di bandara Sugapa.

Lihat juga: 18 Desember 2019 – Penambahan Pasukan TNI di Sugapa

Baca Juga:  Pemda Intan Jaya Umumkan Jadwal Pelaksanaan Tes CAT K2

Masyarakat dari kampung Kulapa, ditrik Hitadipa, Iguwagi Tapa dan Bulapa distrik Sugapa dan sebagian masyarakat dari Kampung Galunggama, Yoparu dikabarkan telah mengungsi.

Pewarta: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaPLTMH Paima Distrik Hogio, Yahukimo Belum Dioperasikan
Artikel berikutnyaMahasiswa Minta Pemkab dan DPRD Sikapi Situasi Intan Jaya