PLTMH Paima Distrik Hogio, Yahukimo Belum Dioperasikan

0
1284

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) di Kampung Paima Distrik Hogio Kabupaten Yahukimo, belum dinikmati oleh masyarakat lantaran Belum ada mesin utama dari Pemerintah Provinsi Papua.

Hal itu disampaikan Markus Suhun, Tokoh Intelektual dari Paima Distrik Hogio, Kamis (19/12/2019) di Jayapura.

“Sejauh ini yang menjadi sasaran kepada koordinator lapangan yang mendampingi tukang bangunan tahun 2017, sebelumnya pembangunan itu dilakukan oleh Pemerintah Provinsi karena itu Proyek Provinsi melalui Dinas Pertambangan. Tapi masyarakat belum rasakan cahaya lampu sampai sekarang 2019,” kata Markus.

Baca Juga:  Penjabat Bupati Lanny Jaya Tertibkan Satpol PP Aktif Kerja

Markus menjelaskan, PLTMH yang telah dibangun nampak rusak tanpa dinikmati cahaya lampunya. Sejauh ini katanya sudah melakukan komunikasi dengan Dinas Pertambangan Provinsi tetapi informasi yang diterima dana semua dialihkan ke PON XX tahun 2020.

“Padahal semua alat mulai dari tempat, seperti Bank penampungan air, rumah untuk taruh Diesel (Mesin Utama) dan Pipa air dari mata air utama, kabel di setiap rumah, balon lampu semua sudah terpasang. Tapi mesin ini yang belum ada,” katanya menjelaskan.

ads
Baca Juga:  FP2KP3 Desak Jabatan Kadinkes Papua Pegunungan Segera Dilantik

Sementara Panus Suhun koordinator lapangan mengatakan, animo masyarakat di Paima terus menanyakan kepada, tetapi dirinya belum bisa untuk memastikan kepada masyarakat tersebut.

“Saya terus ditanya oleh masyarakat saya di Paima. Saya berharap Pemerintah Provinsi atau Dinas Pertambangan yang menangani proyek memberikan kepastian dan harapan. Agar saya tidak selalu ditanya,” katanya.

Baca Juga:  Pj Gubernur Bersama Pj Bupati Launching Listrik Menyala 24 Jam di Tiom

Katanya, bangunan yang telah dibangun fasilitasnya dapat difungsikan agar tidak rusak, karena sampai sekarang bangunan tersebut sudah dipenuhi rumput dan tampak mulai berkarat.

Pewarta: Ardi Bayage

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaBeras Raskin Hilang, Dinsos Jayawijaya Diminta Bertanggung Jawab
Artikel berikutnyaHari Ini Pemkab akan Gelar Pertemuan Sikapi Situasi Intan Jaya di Sugapa