Bupati Jayapura Resmikan Arung Jeram  

0
1230

SENTANI, SUARAPAPUA.com — Bupati Kabupaten Jayapura, Matius Awoitauw mengatakan pembangunan saat ini dimulai dari kampung sesuai harapan Pemerintah Kabupaten Jayapura. Dimana, pembangunan dari kampung itu berbasis pada keunggulan di masing-masing daerah atau kampung yang ada di Kabupaten Jayapura. 

Hadirnya Wahana Arung Jeram diharapkan memberikan dampak positif terhadap masyarakat lokal, terutama terkait pertumbuhan ekonomi di daerah itu. Hal tersebut disampaikan bupati  kepada wartawan usai meresmikan Wahana Arung Jeram Kali Jaifuri, Kampung Yokiwa. Sabtu (14/12/2019) lalu.

Kata Matius, Kabupaten Jayapura sendiri memiliki beragam potensi dan sumber daya alam. Mulai dari sektor perairan, laut, danau juga daratan yang subur untuk pertanian, termasuk kawasan hutan yang masih menyimpan kekayaan alam yang melimpah.

Baca Juga:  Pembangunan RS UPT Vertikal Papua Korbankan Hak Warga Konya Selamat dari Bahaya Banjir, Sampah dan Penggusuran Paksa

“Seperti di Grime kita mendorong Perkebunan Kakao, kemudian di pesisir kita dorong perikanan dan pariwisata bahari,” ujarnya.

Pertama, kata dia, kita sudah canangkan pembangunan di Kabupaten Jayapura itu dimulai dari kampung, semua rencana itu distrik akan menjadi tempat untuk menggerakkan potensi yang ada di kampung-kampung baik dari segi pariwisata maupun sumber daya yang lain.

ads

“Saya harap masyarakat disini bisa menerima upaya-upaya untuk pariwisata ini terutama Arung Jeram,” harapnya.

Baca Juga:  Freeport Indonesia Dukung Asosiasi Wartawan Papua Gelar Pelatihan Pengelolaan Media

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura, Joko Sunaryo mengatakan, Arung Jeram ini pertama kali di Papua, dengan adanya kegiatan ini kita juga nantinya di Papua akan ada atlit Arung Jeram yang hebat walaupun ini masih level dua tetapi cukup menang dan ini yang paling disukai anak muda saat ini.

Ia, berharap Arung Jeram suatu kebudayaan masyarakat lokal terutama sumber ekonomi untuk masyarakat dan juga sumber prestasi untuk masyarakat, semua dari masyarakat dan untuk masyarakat kita dari pemerintah akan mensuport.

Baca Juga:  Hindari Jatuhnya Korban, JDP Minta Jokowi Keluarkan Perpres Penyelesaian Konflik di Tanah Papua

Selain itu Ketua Asosiasi Bikers Sentani, atau yang akrab disapa Alan Brisik mengatakan pihaknya mendukung kegiatan tersebut.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini, karena tujuan kami berdiri di bidang pariwisata, jadi semua kegiatan pariwisata yang ada di Kabupaten Jayapura maupun Kota Jayapura kami akan mendukung,” katanya.

Ia berharap agar kedepannya wahana tersebut menjadi  sumber pamasukan buat masyarakat sekitar, bukan hanya kesenangan untuk orang lain tetapi untuk memajukan daerah tempat wisata ini dan semoga ini menunjang PON 2020, tutup.

Pewarta: SP-CR15

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaWarinussy: Mahfud MD Jangan Bohongi Publik
Artikel berikutnyaJelang Tutup Tahun, GKI Maranatha – Asrama Lakukan Evaluasi