Bawaslu Boven Lantik 60 Panwas Distrik dan Gelar Bimtek

0
1250

BOVEN DIGOEL, SUARAPAPUA.com—Badan Pengawas Pemilihan Umun Kabupaten Boven Digoel telah melantik 60 anggota Panwas  (Panitia Pengawas Distrik) dan melakukan Bimbingan Teknis terhadap  Panwas se-kabupaten Boven Digoel, Papua.

“Semenjak kami membuka pendaftaran calon pengawas Distrik kurang lebih ada 645 yang mengambil formulir kemudian 305 yang kembalikan berkas, dari 305 itu 297 yang ditetapkan memenuhi syarat administrasi yang kemudian 297 itu ikut tes tertulis dilanjutkan dengan tes wawancara,” jelas Fransiskus Asek, Ketua Bawaslu Kabupaten Boven Digoel pada Sabtu (21/12/2019) kemarin.

Baca Juga:  Hilangnya Keadilan di PTTUN, Suku Awyu Kasasi ke MA

Dijelaskan, dari 297 peserta yang mendaftar, telah ditetapkan 60 orang sebagai pengawas distrik di 20 distrik yang tersebar di kabupaten boven digoel.

Ia menambahkan, dalam perekrutan pihaknya memberikan informasi langsung ke tingkat distrik baik secara pribadi, secara resmi untuk tiap distrik itu minimal ada dan kita utamakan mereka yang berasal dari distrik-distrik setempat. Karena Pemilu-pemilu sebelumnya banyak masyarakat yang menyampaikan bahwa kenapa anak-anak dari distrik kami  ini juga tidak direkrut sebagai pengawas pemilu.

Baca Juga:  Hilangnya Keadilan di PTTUN, Suku Awyu Kasasi ke MA

“Ya Puji Tuhan untuk proses kali ini hampir semua distrik ada keterwakilan dalam jajaran pengawas distrik, untuk satu distrik tiga orang komisioner pengawas yang akan dibantu kesekretariatan kurang lebih 4-5 staf dan  akan dibantu lagi pengawas kampung dan Pengawas TPS. Masa kerja mereka akan berakhir pada Oktober 2020,” jelasnya.

ads

Asek berharap agar 60 anggota Panwas bisa bekerja dengan serius, konsisten dan terintegritas.

Baca Juga:  Hilangnya Keadilan di PTTUN, Suku Awyu Kasasi ke MA

“Tidak terpengaruh kelompok atau tim-tim kemenangan  calon-calon yang akan muncul kemudian di daerah ini. Itu yang kami harapkan,” harapnya.

Selain itu, Yosias Taulemi, salah satu anggota Panwas distrik Kouh yang mengikuti tahap dami tahap hingga dilantik sebagai anggota komisioner Panwas mengaku senang karena yang mendaftar lebih dari 200 orang.

“Saya salah satu anggota yang baru dilantik. Selanjutnya kami akan laksanakan tugas sesuai dengan tugas pokok kami,” ujarnya.

Reporter: SP-CR07

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaEnam Aktivis Papua Menyatakan Tidak Melakukan  Makar
Artikel berikutnyaDaun Sagu untuk Kehidupan