Ini yang akan Dilakukan KNPI Dogiyai Periode 2019 – 2022

0
1753

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kab. Dogiyai periode 2019 – 2022, Bernardo Boma mengatakan dirinya berkomitmen untuk mengembalikan marwah Kab. Dogiyai, melakukan kegiatan-kegiatan kepemudaan dan menjadikan KNPI sebagai mitra pemerintah dan masyarakat.

Boma menjelaska, sejak Kab. Dogiyai dimekarkan, marwah KNPI belum Nampak dan bahkan tidak ada. Pada tahun 2019 KNPI Dogiyai melakukan musda dan dalam musda tersebut dirinya terpilih menjadi ketua KNPI.

“Pada 12 Desember kemarin saya resmi dilantik sebagai ketua DPD KNPI Papua yang diwakili oleh Ketua Organisasi dan Kaderisasi KNPI Papua, Otniel Deda,” jelasnya kepada suarapapua.com tidak lama ini.

Boma menjelaskan, dalam kerja-kerja KNPI dibawah kepemimpinannya, hal pertama yang akan dilakukan adalah pembangunan internal organisasi.

“Pertama adalah fokus ke internal organisasi KNPI karena selama ini KNPI ada di Dogiyai tetapi tidak pernah ada kegiatan-kegiatan. Maka itu saya berkomitmen untuk KNPI hadirkan kegiatan-kegiatan kepemudaan. Tapi yang pertama adalah fokus ke internal,” jelasnya.

ads

Selain pembangunan internal organisasi, ia juga berkomitmen untuk jadikan KNPI Dogiyai sebagai mitra pemerintah dan masyarakat. Dalam kerja-kerja, kata dia, tidak akan mebedakan siapa pun.

Baca Juga:  KPU Deiyai Tuntaskan Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten

“Kami akan bekerja tanpa bedakan [pemuda] kampung dan distrik tetapi kami akan fokuskan kepada mengorganisir dan konsolidasi pemuda dan mahasiswa di Dogiyai untuk kembalikan kejayaan KNPI di kalangan muda Dogiyai,” terangnya.

Dikatakan, program kerja akan dibahas secara kolektif dengan semua pengurus dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang akan dilakukan pada tahun 2020.

“Soal waktu belum pasti. Tapi kami akan umumkan setelah ada keputusan bersama secara kolektif dalam internal organisasi,” kata Boma.

Siap Dukung dan Kawal Kebijakan Pemerintah Dogiyai

Menurut Boma, organisasi KNPI ada di semua kabupaten namun tidak pernah bermitra dengan pemerintah sebagai organisasi kepemudaan. Kata dia,  selam ini KNPI hanya berpikir soal daerah masing-masing.

“KNPI Dogiyai dibawah kepemimpinan saya hadir untuk bermitra dengan pemerintah masyarakat dan pemuda. Tetapi hari ini KNPI fokus pada Pemuda. Kami akan kawal kebijakan pemerintah daerah dalam hal kawal program prioritas pembangunan, SDM, SDA dan pengembangan masyarakat,” beber Boma.

Baca Juga:  PTFI Bina Pengusaha Muda Papua Melalui Papuan Bridge Program

Menurut hemat Boma, KNPI hari ini apatis dengan kebijakan pemerintah daerah untuk membangun SDM dan SDA. Boma mengatakan, KNPI Dogiyai mendukung kebijakan pemerintah daerah [visi dan misi bupati dan wakil bupati].

“Kami siap dukung pemerintah, tetapi juga kami siap kawal kebijakan pemerintah daerah. KNPI Dogiyai didukung penuh KNPI DPD Papua,” jelasnya.

Sikap KNPI Dogiyai mendukung kebijakan pemerintah adalah karena KNPI sebagai organisasi kepemudaan harus bermitra dengan masyarakat dan pemerintah.

“Saya mendukung penuh kebijakan pemerintah kab. Dogiyai dan siap kawal kebijakan-kebijakan bupati. Dan hari ini kami berpikir untuk dukung kerja-kerja pemerintah dalam hal pembangunan SDM, SDA dan  upaya untuk proteksi orang asli daerah dogiyai,” ujar Boma.

Boma juga menegaskan, KNPI bukan organisasi elitis, tapi bagaiaman KNPI perjuangkan hak-hak pemuda di segala bidang.

“Dalam hal kerja-kerja kami akan singkron dengan pemerintah bersama KNPI provinsi untuk memberikan solusi, saran dan kritik yang bersifat membangun,” katanya.

Baca Juga:  Soal Satu WNA di Enarotali, Begini Kata Pakum Satgas dan Kapolres Paniai

Sementara itu, Otniel Deda, Ketua Organisasi dan Pengkaderan DPD KNPI Papua yang hadir mewakili ketua KNPI Papua dan melantik ketua berserta jajaran KNPI Dogiyai saat dikonfirmasi suarapapua.com mengatakan, kehadiran pihaknya adalah untuk memastikan KNPI Dogiyai berjalan sesuai prosedur,  pemuda Dogiyai harus mampu dan terakomodir dalam rumah KNPI Dogiyai dan proses legalitas terhdap musda dan rapimda sudah berjalan sesuai dengan ketentuan.

“Kami juga hadir untuk melantik ketua dan pengurus DPD KNPI Dogiyai. Berharap KNPI Dogiyai dapat mengakomodir semua kalangan pemuda yang siap terlibat dalam KNPI,” jelasnya.

DPD KNPI Papua berharap agar KNPI Dogiyai mampu menjadi baro moter bagi wilayah Meepago. Diarapkan agar mereka melakukan orientasi penguatan organisasi dan melaksanakan raker.

“Dua agenda ini menjadi penting untuk dilakukan oleh pengurus KNPI Dogiyai dan kami berharap supaya pemerintah daerah Dogiyai dapat mendukung KNPI di sana,” ujarnya.

Pewarta: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaVIDEO: TPNPB Makodap III Timika Tolak Pemekaran Provinsi Papua Tengah
Artikel berikutnyaSDN Gopouya, Berkelas VI dengan Tiga Ruang Kelas