Inilah Pesepak Bola Papua Kakak Beradik di Persipura Jayapura

0
168

JAYAPURA, GP/SUARAPAPUA.com— Kapten timnas Persipura Boaz T Solossa terkenal sebagai keluarga sepak bola mulai dari orang tuanya sampai mantan Gubernur Papua alm JP Solossa juga pesepak bola.

  1. Solossa bersaudara

Ada nama Boaz T Solossa, Ortisan Solossa dan Nehemia. Sebenarnya abang kandung Boaz, Yoice Solossa juga pesepak bola pernah perkuat PON Papua.

Ortizans menjadi keluarga Solossa pertama yang terjun di sepak bola. Pria yang akrab disapa Sajojo ini mencuat namanya saat memperkuat PSM Makasar (1999-2004).

Ortizans merupakan kakak dari Nehemia dan Boaz. Ia merasakan tiga gelar juara Liga Indonesia bersama PSM dan Persipura. Ia juga kerap mengisi skuat Timnas Indonesia.

Namun, nama sang adik, Boaz yang paling moncer. Boas adalah ajaib dari tanah Papua yang menjadi pemain kunci Persipura dan Timnas Indonesia.

Sedangkan Nehemia kerap berpindah klub mulai dari Persiss Sorong, Persekabpas Pasuruan, Persibo Bojonegoro, hingga Barito Putera.

  1. Eduard Ivakdalam dan Carolino

Mantan kapten Persipura Eduard Ivakdalam memiliki saudara kandung, Carolino Ivakdalam yang mengawali kariernya sebagai pesepak bola jebolan PPLP Papua angkata pertama. Selanjutnya debutnya bersama Persipura tak sementereng Eduard Ivakdalam yang membawa Persipura juara Liga Indonesia 2005-2006 dan 2008-2009.

3. Tinus Pae dan Victor Pae

Tinus Pae bek kanan andalan Persipura selalu menjadi langganan bermain, selalu prima membela Persipura terkecuali cidera atau pernah dipanggil timnas Indonesia. Pernah bermain bersama adik kandungnya Victor Pae, namun adiknya pindah ke Dafonfosoro, Persija dan Persela Lamongan. Terakhir Victor Pae memperkuat Persewar Waropen.

4. Lukas Mandowen dan Gunansar Mandowen

Lukas Mandowen seringkali dipanggil Lukman pernah berjaya bersama Persipura sebagai julukan super sub, debut pertamanya dikancah internasional ketika Persipura melawan Chunburry FC di stadion Mandala, Lukas sempat mencetak gol. Sejak itu namanya terus mengkilap bersama Persipura, lepas dari Persipura langsung gabung Perseru Serui.

5. Ishak Wanggai dan Patrick Wanggai

Ishak Wanggai yang sekarang bermain di Persewar Waropen merupakan abang kandung dari Patrick Wanggai striker Kalteng Utama. Sebelumnya Patrick dan Ishak sama sama perkuat Persipura plus saudara sepupunya Imanuel Wanggai. Patrick Wanggai pernah perkuat Persib Bandung dan juga sempat ke Malaysia dan Timor Leste bersama Imanuel Wanggai.

6. Nelson dan Nerius Alom

Dua adik kakak ini terkenal memiliki tendangan jarak jauh yang kuat, Nelson Alom jebolan PON 2012 Riau sempat memperkuat Persipura bersama adik kandung Nerius yang kini perkuat Sriwijaya FC. Nelson bermain di Persebaya karena cidera menyebabkan kontraknya tidak diperpanjang.

7. Hengky Heipon dan Tinus Heipon

Kapten Persipura era 1968-1978 ini pernah membawa Persipura juara Suharto Cup 1976 bersama adik kandungnya Hengki dan Tinus berposisi sebagai gelandang. Tinus pindah ke klub galatama perkuat Warna Agung bersama Timo Kapisa dan Fred Imbiri.

8. Womsiwor bersaudara

Dua nama bermarga Womsiwor pernah perkuat Persipura tetapi mereka bukan saudara kandung. Hanya saudara sepupu dan sama sama memiliki fam atau marga Womsiwor yaitu Frisca Womsiwor dan Patrick Womsiwor. Frisca Womsiwor sekarang bermain di Barito Putra dan Kalteng Putra sedangkan Patrick Womsiwor baru menjalani debutnya bersama Persipura. Pemain jebolan SSB Emsyik ini baru dua kali main pertama saat melawan Bhayangkara FC dan kedua ketika berhadapan dengan Bali United

9. Kapisa bersaudara

Kalau Timo Kapisa, Alex Kapisa dan Leo Kapisa bukan saudara kandung tetapi memiliki marga yang sama dan berasal dari satu Pulau Numfor Biak. Timo sempat bela Persipura hingga pindah ke Warna Agung sempat jadi pelatih Pupuk Kaltim. Leo Kapisa mantan sprinter atletik 100 meter, oleh pelatih HB Samsi direkrut masuk Persipura dan kemudian membela Perseman. Sukses bersama Adolf Kabo bawa Perseman masuk final perserikatan kalah melawan Persib Bandung. Alex Kapisa berposisi bek kanan sukses bersama Mutiara Hitam,juara Suharto Cup.

10. Sibi bersaudara

Yafet Sibi adalah gelandang bertahan Persipura asal PSK Kajoe Pulo yang malang melintang di sepak bola nasional. Pertama kali memperkuat Persipura bersama abang kandungnya Ruben Sibi dan saudara sepupunya Saul Sibi. Hanya Yafet Sibi yang bertahan di Persipura dan menjadi kapten Perkesa 78 hingga terkena kasus suap dan klub Perkesa sendiri bubar.

11. Bonay bersaudara Arthur dan Titus

Striker Persipura Titus Bonay memiliki saudara sepupu bernama Arthur Bonay yang pernah menjadi kapten Perseru Serui. Tibo sampai sekarang masih perkuat Persipura sedangkan Arthur juga membela Perseru Badak Lampung.

12. Pahabol Fery dan Yosua

Fery Pahabol striker mungil ini sukses bersama Persidafon terus direkrut Persipura dan akhirnya bersama Ruben Sanadi perkuat Persebaya Surabaya. Sekarang bermain di Kalteng Putra bersama Patrick Wanggai dan kawan kawan. Yosua Pahabol sukses di Semen Padang Yunior hingga main ke senior.

13. Pulanda bersaudara dan anak Victor Pulanda

Victor Pulanda yang akrab dipanggil Vicky pernah bermain di Persipura sebelumnya ayah kandungnya Spiks dan Mecky Pulanda bermain di Persipura. Victor Pulanda bermain di Persipura hingga gantung sepatu termasuk ayahnya Mecku Pulanda.

Penulis tulisan ini adalah Dominggus A Mampioper, jurnalis senior Papua.

Source: Goal Papua