Nasional & DuniaPM Selandia Baru Dinobatkan Sebagai 'Tokoh Pasifik Tahun Ini'

PM Selandia Baru Dinobatkan Sebagai ‘Tokoh Pasifik Tahun Ini’

AUCKLAND, SUARAPAPUA.com— Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern dinobatkan sebagai ‘Tokoh Pasifik Tahun Ini’ oleh majalah publikasi Bisnis Islands. 

Ini adalah kedua kalinya gelar tersebut diberikan kepada seseorang yang bukan dari Pasifik, seperti mantan Perdana Menteri Australia, John Howard yang menerima kehormatan serupa sebelumnya.

Baca juga: Militer Indonesia Gunakan Berita Internet sebagai Senjata di Papua

Editor majalah Bisnis Islands, Samisoni Pareti mengatakan, setiap tahun penerbitannya berusaha untuk melihat orang-orang atau organisasi yang berdampak di Pasifik.

Baca Juga:  Menteri Perempuan Fiji Lynda Tabuya Menyerukan Undang-Undang Online yang Lebih Kuat

Mr. Pareti mengatakan, Ardern diberi gelar 2019 karena karyanya di Forum Kepulauan Pasifik (PIF) untuk membawa konsensus mengenai perubahan iklim.

“Keterampilan perdana menteri Ardern dalam negosiasi, diplomasi dan karismanya … yang hari ini menyelamatkan negara-negara Kepulauan Pasifik, para pemimpin Pulau Pasifik.

Dia mendapat khususnya dengan mitranya melalui Laut Tasman di Australia, Scott Morrison untuk datang ke posisi tengah mengenai perubahan iklim.”

Mr. Pareti mengatakan, PM Ardern dalam menangani terhadap serangan teror Christchurch belum lama ini merupakan bagian dari penilaian yang patut dipuji.

Baca Juga:  ANZ Mengantisipasi Pertumbuhan Populasi Fiji Seiring Melambatnya Migrasi Ke Luar Negeri

“Itu benar-benar menarik perhatian kami kepada Perdana Menteri Ardern dan sejak saat itu kami mulai menyaksikan bagaimana dia tampil, tidak hanya di parlemen tetapi dalam berurusan dengan krisis secara pribadi dan bagi negara.”

Mr. Pareti mengatakan, Ms. Ardern telah menghirup udara segar dalam hal kepemimpinan politik di pulau-pulau di Pasifik.

Baca juga: Pansel DPRP Jalur Otsus Didesak Prioritaskan Calon Masyarakat Adat

Baca Juga:  Meski Dibubarkan, Struktur Kerja ULMWP Resmi Dikukuhkan dari Tempat Lain
Perdana Menteri New Zealand, Jacinda Ardern. (Dom Thomas)

“Dia adalah orang muda, dia adalah seorang wanita, dia adalah seorang ibu. Dia memiliki semua yang saya kira orang harapkan atas pemimpin kepulauan Pasifik.

Dia mendengarkan, dia tegas, dan dia selalu berusaha menyatukan orang-orang dan tidak terlalu memecah-belah,” katanya.

Orang-orang yang sebelumnya dinamakan sebagai ‘Orang Pasifik Tahun Ini’ adalah termasuk Perdana Menteri Fiji, Frank Banimarama dan almarhum Perdana Menteri Tonga, ‘Akilisi Pohiva.

 

Sumber : radionz.co.nz

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Presiden Jokowi Segera Perintahkan Panglima TNI Proses Prajurit Penyiksa Warga Sipil...

0
Direktur LBH Papua, dalam siaran persnya, Senin (25/3/2024), menyatakan, ditemukan fakta pelanggaran ketentuan bahwa tidak seorang pun boleh ditahan, dipaksa, dikucilkan, atau diasingkan secara sewenang-wenang. Hal itu diatur dalam pasal 34 Undang-undang nomor 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.