‘BOS’ Menatap Hari Esok Penuh Harapan

0
61

AUSTRALIA, SUARAPAPUA.com— Selama perjuangan masih bergolak, selama itu juga Black Orchid Stringband (BOS) masih melantungkan syair sonata di iringi alunan musik stringband khas lautan teduh samudera Pasifik yang bernafaskan Papua Merdeka.

Sebagai bentuk dukungan terhadap Papua, Musik diplomasi, suatu misi ganda BOS saat mengambil bagian dalam festival internasional di kota Cygnet, Tasmania, pada tanggal 10 – 12 January 2020, melantunkan alunan musik khas Papua.

Group Black Orchid atas nama seluruh rakyat West Papua disambut hangat seluruh rakyat pulau Tasmania yang didukung musisi dan masyarakat internasional yang mengambil bagian dalam festival tersebut. Terlebih merupakan suatu kehormatan dan simpati terhadap perjuangan rakyat West Papua.

Hal tersebut ditindak lanjuti suatu pertemuan khusus pemimpin terkemuka milik rakyat pulau Tasmania yang Terhormat Tuan Bob Brown dengan delegasi Black Orchid disela-sela festival bergengsi tersebut pada hari minggu, tanngal 12 January 2020, jam 14:00 -14:45 di ruang terbuka Bank Cafe, Cygnet, Tasmania, sudut kutub selatan samudera Pasifik.

“Saudara-saudari dan sahabatku seluruh rakyat West Papua harus terus menerus berjuang, terus menerus mengunjungi parlamen house di Canberra, tulis surat resmi secara terus menerus kepada pemerintah Australia yang berkuasa dengan berbagai pertanyaan inti sebagai berikut: pergilah mengunjungi wilayah dan rakyat Papua; meminta pemerintah secara nyata meminta penjelasan pihak penguasa Indonesia di Jakarta tentang keadaan sesungguhnya West Papua dan juga kebijakan Jakarta tentang status Papua Barat,” demikian ungkap Bob Brown.

Selanjutnya, Tuan Bob Brown menekankan agar aktivis Papua Merdeka terus menerus mengirim sebanyak banyaknya artikel keberbagai media cetak dan elektronik lokal, regional dan internasional tentang current situation di West Papua didukung dengan penilitian data-data.

Pada momen tersebut, Black Orchid  menyerahkan Bendera Papua Barat, the Moring Star Flag satu pertanda lebih  mempererat hubungan kedua pihak yang pernah tertanam 20 tahun lalu kini  tumbuh subur dan bersemi sebagaimana terlihat pada photo ini.

Jubir ULMWP, Jacob Rumbiak menyampaikan terima kasih kepada Tuan Bob Brown.

“Terimah kasih atas masukkan dan saran Tuan Bob Brown kepada kami para aktivist bersama seluruh rakyat Papua Barat yang sedang barjuang agar dapat menggapai hasil perjuangan secara terukur dan konkrit,” demikian  ungkapan Jubir ULMWP Jacob Rumbiak .

REDAKSI