Breaking News: TNI/Polri dan TPNPB Baku Tembak di Sugapa, Intan Jaya

10
296
Keterangan foto: 1. Kampung Bilogai dan Yokatapa, 2. Kampung Holomama - Mamba, tempat terjadinya kontak tembak dan 3. Posisi narasumber informan Suara Papua melaporkan informasi. (Diolah Suara Papua dari Google maps)

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Dikabarkan bahwa telah terjadi baku tembak antara TNI/Polri dengan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) di distrik Sugapa, Kampung Mamba, Kab. Intan Jaya, Papua pada Minggu 26 Januari 2020.

Sumber informan Suara Papua yang tidak mau disebutkan namanya melaporkan dari Kampung Galunggama, kepada suarapapua.com melaporkan bahwa baku tembak antara TPNPB dan TNI/Polri terjadi di Ologotugapa, sebuah kampung dekat Holomama, Kampung Mamba.

Kampung Holomama ada di tengah antara Kampung Mamba dan Galunggama. Jarak terdekat dari Holomama adalah kampung Galunggama.

Dia melaporkan bahwa baku tembak terjadi pada jam 12 siang ini. Namun, ia mengaku belum bisa memastikan korban yang terkena tembakan dari kedua pihak.

“Saya ada di Galunggama. TPNPB dan TNI/Polri sedang baku tembak. Sampai saat ini masih baku tembak. Tapi untuk korban saya belum bisa pastikan. Nanti saya akan pastikan setelah melihat korban di lokasi baku tembak,” ungkapnya.

Sementara itu, informasi dari masyarakat di Kampung Bilogai yang didapat media ini, baku tembak terjadi di Kampung Holomama. Dan aparat meminta masyarakat di Kota Sugapa, Bilogai dan Yokatapa untuk tidak melakukan aktifitas di luar rumah. Aparat meminta agar masyarakat tetap tenang di rumah masing-masing.

“Saya baru saja dari Tambabuga. Aparat ada minta supaya masyarakat tidak boleh beraktifitas dan tetap tenang. Jadi saya ada pulang ke rumah,” ungkap salah satu warga yang enggam dimediakan namanya saat dihubungi Suara Papua siang ini.

Tambabuga adalah nama perbatasan antara Bilogai dan Yokatapa. Anggota Kopasus Maleo tinggal di lokasi ini.

Sekda Kab. Intan Jaya, Asir Mirip saat menghubungi Suara Papua dari Nabire melaporkan bahwa dirinya telah mendengar bahwa ada baku tembak terjadi di Sugapa.

“Saya ada di Nabire. Dan saya hari ini telah terjadi baku tembak. Coba pastikan dan informasi dari lapangan di Intan Jaya,” katanya.

Beberapa lokasi yang jadi lokasi baku tembak antara TNI/Polri dan TPNPB pada bulan Desember 2019 adalah Kampung Kulapa (Distrik Hitadipa), Kampung Ndugusiga (Distrik Sugapa), Kampung Bulapa (Distrik Sugapa), Kampung Ugimba (Distrik Ugimba). Beberapa lokasi ini jauh dari Ibu Kota Kab. Intan Jaya.

Sedangkan lokasi baku tembak yang terjadi pada hari ini adalah Kampung yang terletak di dekat Ibu Kota Intan Jaya. Kampung Holomama adalah kampung terletak di dekat kantor Bupati Intan jaya.

Pewarta: Arnold Belau