Pendidikan dan Kesehatan Menjadi Agenda PapuansPhoto 2020

0
1415

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Komunitas PapuansPhoto yang dikelola oleh anak-anak muda Papua pada tahun 2020 menyepakati untuk fokus pada agenda fotografi tentang situasi yang terjadi di Tanah Papua.

Hal tersebut disepakati dalam pertemuan awal komunitas Papuansphoto tahun 2020 yang digelar di halaman Plaza Telkom Grup Kotaraja, Jayapura pada, Minggu (2/2/2020).

“Jadi sebenarnya pertemuan kita lakukan pada awal bulan Januari tahun ini, hanya karena kebanyakan anak-anak komunitas sedang berada di Kampung berlibur. Tapi ada kawan kami dari komunitas juga meninggal. Tetapi semua itu tidak mengurangi semangat kami. Intinya pertemuan kita hari ini tetap terlaksana,” kata Whens Tebay, ketua PapuansPhoto kepada suarapapua.com.

Baca Juga:  Pemprov PB Diminta Tinjau Izin Operasi PT SKR di Kabupaten Teluk Bintuni

Baca juga: Pendidikan dan Kesehatan Menjadi Agenda PapuansPhoto 2020

Lalu Whens mendetail apa yang difokuskan pihaknya di tahun 2020, misalnya soal pendidikan yang timpang tindih, kesehatan tidak pernah terurai, soal sosial, lingkungan dan hutan, serta hal lain yang terjadi di Papua.

ads

“Jadi agenda kita tahun ini tidak seperti tahun kemarin. Kemarin kita fokus untuk hunting budaya dan model. Sekarang kita fokus untuk advokasi tentang situasi di Papua melalui lensa camera yang kita punya,” katanya.

Ia juga mengakui, pada tanggal 8 Februari 2020 pihaknya akan melakukan hunting awal dengan menanam pohon daerah belakang Rektorat Universitas Cenderawasih.

Baca Juga:  57 Tahun Freeport Indonesia Berkarya

Penanaman pohon kata Whens pihaknya lakukan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat di Papua agar tidak melakukan penebangan pohon, melainkan dengan sadar melakukan penanaman pohon untuk masa depan.

Anggota Komunitas Papuansphoto ketika melakukan pertemuan hunting awal tahun 2020 di Plaza Telkom Kotaraja, Jayapura. (Ardi Bayage – SP)

“Setelah itu, pada tanggal 14 Februari 2020 kami ada tamu dari Jakarta yang akan membagikan ilmu fotografi secara gratis. Kemudian ada undangan ke Papuansphoto untuk mengisi materi tentang fotografer,” ucapnya.

Baca juga: Ketua KPU Yahukimo Diberhentikan, Komisioner Disanksi Peringatan Keras

Aguz Pabika, admin PapuansPhoto menjelaskan, foto memiliki nilai tersendiri yang dapat menjelaskan kepada publik, sehingga agenda Papuansphoto akan dilaksanakan secara bersama.

Baca Juga:  Kepala Suku Abun Menyampaikan Maaf Atas Pernyataannya yang Menyinggung Intelektual Abun

“Jangan patah semangat. Kita tetap fokus untuk profesi ini. Kesepakatan kita adalah keputusan kita. Mari kita bergandengan tangan dan terus berkarya lewat lensa menyampaikan situasi di tanah Papua kepada orang lain,” ajaknya.

Aguz ajak anggota Papuansphoto agar hadir semua dalam kegiatan hunting awal tahun 2020 untuk menanam pohon bersama, tetapi juga kepada semua komunitas cabang yang ada di Papua melaksanakan agenda yang sama.

 

Pewarta: Ardi Bayage

Editor: Elisa Sekenyap

Artikel sebelumnyaKegiatan Pemprov Tidak Diliput Media, Gubenur PB Akan Tegur Bawahannya
Artikel berikutnyaPresiden Diharapkan Merespons Proposal Jembatan Kwawi Pulau Mansinam