Masyarakat Biak di Sorong Raya Miliki Mambri Beba

0
1882

KOTA SORONG, SUARAPAPUA.com — Masyarakat adat Biak di Sorong Raya, provinsi Papua Barat, menyambut gembira kehadiran “Mambri Beba” sebagai figur sentral untuk mempersatukan dan mengayomi masyarakat Biak dalam kehidupan sehari-hari.

Paul Yawan, sekretaris ikatan keluarga besar Biak di Sorong Raya, mengatakan hal itu saat menobatkan Jonadab Suruan sebagai “Mambri Beba”, Sabtu (15/2/2020) di taman wisata Panorama Indah, kelurahan Tanjung Kasuari, distrik Maladumes, Kota Sorong.

Menurut Paul, keluarga besar suku Biak di Sorong Raya telah memiliki seorang Mambri dari banyak figur terbaik. Mendapat gelar Mambri, kata dia, ada kriteria tersendiri yang dinilai.

Baca Juga:  Peringatan IWD Menjadi Alarm Pergerakan Perempuan Kawal Segala Bentuk Diskriminasi Gender

“Tidak semua orang Biak bisa menyandang gelar Mambri,” ujarnya.

Penobatan Jonadab Suruan sebagai Mambri Beba, jelas Paul, sudah memenuhi semua kriteria.

ads

Ia menyebut komandan Batalion B Pelopor Polda Papua Barat di Sorong ini salah satu putra terbaik Biak. Untuk itu, Kompol Jonadab Suruan diharapkan dapat melaksanakan tugas yang diamanatkan negara maupun sebagai Mambri sesuai aturan adat yang berlaku dalam masyarakat Biak.

“Tentunya kepercayaan masyarakat suku Biak di Sorong Raya akan dijalankan oleh Mambri Jobadab Suruan,” ucapnya penuh yakin.

Baca Juga:  Pencaker Palang Kantor Gubernur Papua Barat Daya

Prosesi adat penobatan gelar Mambri Jonadab Suruan yang disaksikan semua pihak itu merupakan yang kedua kalinya setelah tahun 1993 masyarakat Biak di Sorong Raya menobatkan Octavianus Atururi sebagai seorang Mambri. Mantan Gubernur Papua Barat itu meninggal dunia Jumat, 20 September 2019.

“Ini penobatan yang kedua kalinya,” imbuh Yawan.

Sementara, Jonadab Suruan mengatakan sangat bersyukur kepada Tuhan sekaligus berterimakasih kepada masyarakat Biak di Sorong Raya yang mempercayakannya sebagai Mambri Beba.

Jonadab berjanji akan berusaha semaksimal mungkin menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diberikan.

Baca Juga:  Kepala Suku Abun Menyampaikan Maaf Atas Pernyataannya yang Menyinggung Intelektual Abun

Acara penobatan Mambri Beba dihadiri kepala suku Biak Hengki Korwa, dewan adat Biak Marten Korwa, Kapolres Sorong Kota AKBP Ari Nyoto Setiawan, komandan Satgas Brimob Papua Barat Kombes Pol Semmy Ronny Th Abaa, Mayor Chb Reza Tri Muttaqin dari Korem 181/VPT, Letda Inf. Hermansah dari Yonif RK 762, dan perwakilan Brimob Detasemen C.

Hadir pula sejumlah tokoh masyarakat, perempuan, pemuda serta para tamu lainnya.

Pewarta: Reiner Brabar
Editor: Markus You

Artikel sebelumnyaBPKP Gelar Pelatihan SIA BUMDes Pertama di Papua
Artikel berikutnyaSeleksi Jabatan Eselon di Paniai Dituding Hanya Pencitraan dan Cari Popularitas