Bupati Tolikara Pastikan Anggota DPRD Dilantik Maret

0
1700

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Tolikara periode 2019-2024 ditunda beberapa hari dari rencana awal pada Jumat, 28 Februari 2020.

Usman Genongga Wanimbo, bupati kabupaten Tolikara, memastikan hal itu saat dikonfirmasi wartawan melalui telepon seluler dari Wamena, Kamis (27/2/2020).

“Rencana pelantikan DPRD Tolikara memang besok (28 Februari 2020, Red.), tetapi ditunda selama seminggu. Karena Pemda Tolikara baru serahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun 2020 kepada semua pimpinan OPD,” jelasnya.

Baca Juga:  FP2KP3 Desak Jabatan Kadinkes Papua Pegunungan Segera Dilantik

Karena penyerahan DPA ke setiap OPD pada pekan ini, Wanimbo berharap, sekretaris dewan (Sekwan) segera menjadwalkan agenda pelantikan 30 anggota DPRD Tolikara.

“Setelah serahkan DPA, agar bisa diatur oleh Sekwan Tolikara untuk penetapan acara pelantikannya.”

ads

Bupati Wanimbo mengatakan, pelantikan tetap dilaksanakan di Karubaga, ibukota Kabupaten Tolikara.

“Waktu pelantikan akan diinformasikan setelah dijadwalkan oleh Sekwan. Kami mau pelantikan itu segera, kalau bisa awal Maret sudah lantik,” kata Wanimbo sambil mengajak masyarakat dan semua pihak tetap tenang menunggu kepastian jadwalnya.

Baca Juga:  Masyarakat Nduga Tertekan Konflik Berkepanjangan, Begini Saran Anggota DPRP

Sementara itu, Kompol Yosep Goran Geleuk, wakil kepala Polres Tolikara, mengatakan, meski telah ditunda, pihaknya siap mengamankan agenda pelantikan DPRD Tolikara di Karubaga.

Menurutnya, beberapa kegiatan telah dilakukan Polres Tolikara, antara lain menyiapkan personel dan gelar pasukan yang dipimpin langsung Wakapolres Tolikara.

“Saat ini kami sudah siapkan personel untuk melakukan pengamanan, dan rencana pelantikan itu tanggal 28 Februari, tetapi dibatalkan sementara waktu,” kata Yosep.

Baca Juga:  Bangun Sumber Air Bersih, Yigibalom: Selesai Sebelum 17 Agustus 2024

Wakapolres juga memastikan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di kota Karubaga maupun Tolikara umumnya hingga kini aman terkendali.

“Situasinya kondusif. Kesiapan kami juga sudah ok, sekarang tunggu kapan laksanakan pelantikan. Polres sudah siapkan personel yang akan bertugas di tempat pelantikan maupun dalam kota Karubaga,” katanya sembari mengaku terus memberi arahan kepada anggotanya agar tetap menjaga kesehatan dan menjalankan tugas rutin dengan baik.

Pewarta: Onoy Lokobal
Editor: Markus You

Artikel sebelumnyaMahasiswa Tolak Pembangunan Koramil di Yalimo
Artikel berikutnyaWarga Lima Kampung Ancam Tutup Perusahaan Kayu di Sarmi