KNPI Yahukimo Dukung Kebijakan Pembatasan Sosial

0
1029

DEKAI,  SUARAPAPUA.com— Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Yahukimo Nikanus Bahabol mengatakan, seluruh pemuda di Kabupaten Yahukimo  mendukung kebijakan yang sudah dilakukan oleh Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe untuk lockdown transportasi udara dan laut di Provinsi Papua.

Hal tersebut dikatakan Bahabol kepada suarapapua.com Sabtu, (28/03/2020). Menurutnya, kebijakan yang sudah dilakukan oleh Gubernur Papua merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan nyawa rakyat Papua yang tersisa.

“Kami sangat mendukung karena penduduk di papua itu sangat sedikit sehingga apa yang dilakukan oleh pemerintah provinsi papua sagat luar biasa,” katanya.

Baca Juga:  Kepala Suku Abun Menyampaikan Maaf Atas Pernyataannya yang Menyinggung Intelektual Abun

Bahabol menambahkan, untuk kepentingan lain pemuda tidak mendukung, namun karena pemprov Papua ambil kebijakan untuk kepentingan umum sehingga kami sangat mendukung penuh.

Sementara itu, Otto Sobolim salah satu pemuda di Yahukimo mengatakan, dirinya mengucapkan terimah kasih kepada Pemerintah Provinsi Papua yang sudah mengambil keputusan yang tepat untuk menyelamatkan nyawa rakyat yang ada di papua.

ads
Baca Juga:  Sikap Mahasiswa Papua Terhadap Kasus Penyiksaan dan Berbagai Kasus Kekerasaan Aparat Keamanan

Selain itu, Niel meminta kepada pemerintah untuk menunda pengiriman logistik ke kabupaten-kabupaten dalam beberapa minggu. Sebab menurutnya, logistik yang dikirim ke yahukimo adalah dari luar papua yang daerahnya sudah banyak terjangkit covid-19.

“Barang yang kirim itu dari surabaya, makassar, dan jakarta. Itu daerah merah sehingga diharapkan kasih tunda juga pengiriman logistik untuk beberapa minggu. Kalau sudah aman baru kirim,” katanya.

Baca Juga:  Hindari Jatuhnya Korban, JDP Minta Jokowi Keluarkan Perpres Penyelesaian Konflik di Tanah Papua

Niel megatakan  seluruh pemuda untuk tidak panik dengan penyebaran covid-19, namun ia mengajak untuk bangkit dan lawan dengan cara  ikuti anjuran yang diberikan oleh WHO dan rumah sakit setempat untuk menjaga kesehatan diri, lingkungan, dan tempat tinggal.

Selain itu, Pahabol juga mengatakan, untuk mencegah wabah Covid-19, pemuda di Yahukimo sedang menutup seluruh akses daratan dan sungai di Yahukimo.

Pewarta : Ruland Kabak

Editor     : Arnold Belau

Artikel sebelumnyaDinkes dan KNPI Yahukimo Sosialisasi Covid19 di Kota Dekai
Artikel berikutnyaPemuda dan Masyarakat Minta Penerbangan Logistik ke Yahukimo Ditutup