PWI PB Minta Wartawan Gunakan Alat Pelindung Saat Liputan

0
1608

MANOKWARI, SUARAPAPUA.com— Wartawan menjadi garda terdepan dalam memberikan informasi edukasi kepada masyarakat. Di tengah kondisi pandemi Virus Corona Covid-19 saat ini, wartawan harus selalu menjaga diri.

“Harus selalu melengkapi diri dengan alat pelindung diri. Ini harus dipatuhi,” kata Bustam, Ketua PWI Papua Barat kepada awak media, Minggu (29/03/0202) kemarin.

Bustam menegaskan, keamanan bagi wartawan harus lebih diutamakan di tengah eskalasi perkembangan persebaran virus. Media-media tempat wartawan bekerja juga diminta memberi arahan dan jaminan keamanan kesehatan secara maksimal.

Mengacu pada tuangan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, para pemberi kerja harus memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja kepada para pekerja.

Baca Juga:  OAP di PBD Sangat Minoritas, MRP PBD Bakal Terbitkan Regulasi

Sebagai bagian dari elemen masyarakat yang berkontribusi dalam ikhtiar-ikhtiar menanggulangi persebaran virus Corona, Ketua PWI Pabar berharap, solidaritas kerja sama sesama wartawan semakin kuat, dengan cara saling mengingatkan.

ads

Alat pengamanan atau alat pelindung diri (APD) perlu diperhatikan, seperti masker dan hand sanitizer, meskipun diketahui sekarang seperti menjadi barang langka.

“Apabila wartawan tidak melengkapi diri dengan alat pelindung, sebaiknya tidak harus turun lapangan,” tegasnya mengingatkan.

Baca Juga:  Musdat Sukses, Sub Suku Imu Komitmen Bangkit dari Ketertinggalan

Bustam menekankan agar para wartawan lapangan selalu saling menjaga dan mengingatkan, sehingga memperkuat rasa solidaritas dalam hubungan antar manusia, antar rekan seprofesi, serta penegakan profesionalitas.

“Mari saling mengingatkan, untuk saling memberi pertimbangan secara proporsional, kondisi atau momen yang harus diliput, dan mana yang harus dihindari,” harapnya.

Senada disampaikan Jems Aisoki, Wartawan NokenNews.com. Kata dia, tidak semua wartawan adalah wartawan jarak jauh (jumpa pes secara online) karena ada wartawan TV yang membutuhkan gambar visual hal ini harus diperhatikan oleh satgas covid-19.

Baca Juga:  KPU Yahukimo Gelar Acara Pelepasan Logistik untuk Didistribusikan Ke 51 Distrik

“Baik satgas provinsi mapun satgas pembantu di kabupaten. Wartawan juga garda terdepan Proteksi wartawan penting. Perlu di fasilitasi dengan alat pelindung diri seperti masker dan antiseptik,” katanya.

Hanas warpur, wartawan wartaplus.com mengatakan, melihat dan memperhatikan duka wartawan. banyak yang menjadi korban, serangan covid-19 oleh sebab itu, kebijakan ketua PWI adalah rujukan pusat untuk itu wartawan harus dilengkapi.

Selain itu ia berharap wartawan merupakan pengawal publik bagi masyarakat untuk itu butuh dukungan doa dari masyarakat.

Pewarta : Charles Maniani

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaMahasiswa Puncak Tolak Pembangunan Kodim di Gome
Artikel berikutnyaOperasi Militer Kolonial Indonesia di Papua