17 Rumah Adat di Yahukimo Dilahap Api

0
1781

DEKAI, SUARAPAPUA.com— Sebanyak tujuh belas rumah adat di Kampung Luwemna, Distrik Nalca Kabupaten Yahukimo dilahap api pada tanggal 28 Maret 2020.

Yarobian Salla, Ketua tim penanggung jawab kebakaran menjelaskan, kebakaran terjadi pada tanggal  28 Maret 2020 pukul 01.10 wit. Saat itu masyarakat kampung Luwemna sedang tertidur pulas dan tiba-tiba salah satu rumah terbakar diduga api yang dikuburkan dalam abu sisa bara kayu bakar di tungku Api, lalu mengenai salah satu lembar daun kelapa hutan dan api tersebut membesar lalu terserembet ke rumah lainya.

Baca Juga:  AJI, PWI, AWP dan Advokat Kecam Tindakan Polisi Terhadap Empat Jurnalis di Nabire

“Satu honai laki-laki dan enam belas rumah perempuan, tengah malam jadi mau kasih padam susah, api sudah mulai besar jadi susah,” jelas Salla kepada surapapua.com pada Rabu (1/4/2020).

Salla juga menjelaskan, dalam kebakaran tersebut menghanguskan satu ekor babi, alat-alat dapur, alat tidur, alat berkebun dan pakaian layak pakai milik masyarakat setempat.

Baca Juga:  Hilangnya Keadilan di PTTUN, Suku Awyu Kasasi ke MA

Sallah berharap, Pemerintah Kabupaten Yahukimo dapat membantu masyarakat yang terkena musibah kebakaran ini.

ads

sementara itu, Sepnak Weipsa, Kepala Distrik Nalca saat dihubugi suarapapua.com melalui selulernya mengatakan musibah kebakaran yang menimpa masyarakatnya itu benar.

“Saya sendiri dapat informasi  dari hari sabtu, dan mau naik tapi karena situasi begini belum naik. Tapi kalau akses transportasi lancar kami akan naik,” katanya.

Baca Juga:  PMKRI Kecam Tindakan Biadap Oknum Anggota TNI Siksa Warga Sipil di Papua

Weipsa menambahkan, ia sudah komunikasi dengan bupati dan dalam waktu dekat bantuan untuk masyarakat kampung luwenma akan disalurkan.

Pewarta : Ruland Kabak

Editor      :  Arnold Belau

Artikel sebelumnyaAkses Jalan Menuju Lokasi Tambang di Yahukimo akan Ditutup
Artikel berikutnyaPemkab Blokade Tiga Pintu Masuk ke Tambrauw