PM Baru Vanuatu Didukung Partai Vanua’aku, Partainya Walter Lini

0
1505
Bob Loughman dari Vanua'aku Pati menjadi perdana menteri baru Vanuatu. (Vanuatu Daily Post/Dan McGarry, file)
adv
loading...

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Bob Loughman menggantikan Perdana Menteri Charlot Salwai, yang menjabat selama empat tahun penuh.

Pemilihan Perdana Menteri baru berlangsung kemarin sore selama sidang pertama Legislatif ke-12 Republik Vanuatu yang baru.

Sebanyak 52 anggota parlemen di Badan Legislatif baru hadir pada sidang pertama kemarin.

Sebagaimana dilaporkan dailypost.vu, Perdana Menteri Loughman pertama kali terpilih sebagai anggota parlemen pada tahun 2004, terpilih kembali ke parlemen sejak saat itu dan lagi dalam pemilihan umum 19 Maret 2020.

Baca juga: PM Baru Vanuatu Telah Menunjuk Kabinetnya

ads
Baca Juga:  Pemain Timnas Indonesia Ramaikan Gerakan “All Eyes on Papua”

Dia telah memegang portofolio menteri, termasuk Menteri Pendidikan dan merupakan Wakil Perdana Menteri di pemerintahan yang dipimpin Salwai untuk sementara waktu sebelum Vanua’aku Pati digulingkan dari pemerintahan dan bergabung dengan blok Oposisi di Legislatif ke-11.

Dia dinominasikan untuk posisi Perdana Menteri oleh Port Vila UMP MP dan mantan Pemimpin Oposisi, Ismael Kalsakau.

Saingannya adalah Port Vila MP dan presiden Graon mo Jastis Pati, yang dicalonkan oleh mantan PM Salwai, Ralph Regenvanu.

Baca Juga:  Sejarah Kelam Kaledonia Baru Dari Waktu Ke Waktu

Dalam pemungutan suara rahasia oleh 52 anggota parlemen kemarin sore, anggota parlemen Bob Loughman menerima 31 suara untuk menjadi Perdana Menteri Vanuatu yang baru, sementara, MP Ralph Regenvanu menerima 21 suara.

Ada dua kelompok politik ketika parlemen mengadakan rapat kemarin pagi.

Satu kelompok terdiri dari Vanua’aku Pati (VP), Serikat Partai Moderat (UMP), Partai Persatuan Nasional (NUP), gerakan politik Nagriamel, Partai Konfederasi Hijau, dan anggota parlemen lainnya yang berjumlah 30 orang.

Baca juga: Bob Loughman Terpilih Sebagai Perdana Menteri Vanuatu

Baca Juga:  Sekretaris Umum PIF Disambut di Sekretariat Demi Kepentingan Masyarakat Pasifik

Pengelompokan politik lainnya terdiri dari Graon Mo Jastis Pati (GJP) yang memenangkan total 9 anggota parlemen dalam Legislatif ke-12 yang baru, bersama dengan Reunifikasi Gerakan untuk Perubahan (RMC), Partai Pemimpin Vanuatu (LPV), Gerakan Liberal Vanuatu (VLM), dan kelompok politik lainnya yang membentuk 22 anggota parlemen.

PM yang baru terpilih mengatakan dia akan membuat pidato resmi pertamanya kepada orang-orang dan bangsa Vanuatu pada hari Rabu minggu ini.

 

Sumber : dailypost.vu

Editor : Elisa Sekenyap

Artikel sebelumnyaAmnesty International Indonesia: Adjudicate the Perpetrators of Two Residents in Timika
Artikel berikutnyaIndonesian officers shoot dead three young Papuans in Timika