Nasional & DuniaCina Sumbang VT3 Juta Dukung Korban Topan Vanuatu Dapatkan Makanan Lokal

Cina Sumbang VT3 Juta Dukung Korban Topan Vanuatu Dapatkan Makanan Lokal

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Cina telah menyumbangkan VT3 juta untuk memperoleh produk segar lokal di daerah yang tidak terkena dampak Topan untuk memasok bahan makanan kepada para korban TC Harold di wilayah utara Vanuatu.

Menurut perincian dukungan keuangan ini, satu juta vatu akan digunakan untuk mendapatkan 2.000 kg tuna beku yang diiris dari SinoVan Ltd, satu juta vatu akan diberikan kepada asosiasi petani di Malekula, Ambrym dan Efate untuk memasok 1.200 kg protein daging.

Satu juta vatu akan digunakan untuk pengadaan sayuran dan tanaman umbi-umbian di Tanna, Efate dan Malekula, khusus untuk memasok 12.000 kg kumala, ubi kayu, ubi, dan kubis pulau.

Baca Juga:  Masalah Politik Mendominasi Kunjungan Menteri Prancis Gérald Darmanin di Kaledonia Baru

Baca juga: PM Baru Vanuatu Didukung Partai Vanua’aku, Partainya Walter Lini

Sebelum menyerahkan cek ke Direktur Jenderal Kementerian Pertanian, Peternakan, Perikanan, Kehutanan dan Biosecurity (MALFFB), Duta Besar Tiongkok untuk Vanuatu, Zhou Haicheng mengatakan kedutaan besar itu dengan cermat mengikuti kerusakan yang ditinggalkan TC Harold di Wilayah utara, terutama dengan tempat tinggal dan sektor makanan.

Baca Juga:  Menteri Perempuan Fiji Lynda Tabuya Menyerukan Undang-Undang Online yang Lebih Kuat

Dalam masa bencana ini, Duta Besar Zhou berkata, “Tiongkok siap dalam kemampuan dan kapasitas kami untuk mendukung pemerintah Vanuatu,”kata Zhou.

Ditjen MALFFB, Moses Amos yang menerima dana atas nama pemerintah mengakui Republik Rakyat Tiongkok atas sikap dermawannya.

Ia mengatakan, bahwa sumber produk lokal segar dan suplemen ransum makanan impor sama pentingnya untuk memastikan bahwa “untuk orang-orang kami dan kami tidak ingin membuat bencana baru seperti NCD,” kata Ditjen.

Baca juga: Para Korban Topan Vanuatu Mendapat Bantuan Dari Pemerintah Selandia Baru

Baca Juga:  Pemerintah Selandia Baru Kembali Menyerukan Pembebasan Pilot Phillip Mehrtens

Ditjen Amos membenarkan bahwa dana akan dibayarkan melalui sistem keuangan pemerintah kepada para pemasok ini untuk mulai bekerja pada akhir minggu ini.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada yang mendukung dengan murah hati ini, terutama ketika Vanuatu menghadapi tiga bencana yaitu COVID-19, TC Harold di Utara dan situasi Ashfall di Tanna.

Minggu ini MALFFB akan mulai melakukan pembayaran barang-barang makanan ini dan mendistribusikannya ke masing-masing korban.

Sumber: dailypos.vu

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

PMKRI Kecam Tindakan Biadap Oknum Anggota TNI Siksa Warga Sipil di...

0
“Kami minta kepada TNI dan Polri yang bertugas di Tanah Papua agar tidak boleh bertindak semena-mena terhadap manusia khususnya manusia Papua, sebab manusia Papua juga sama seperti manusia lainnya yang punya hak asasi manusia yang ada di muka bumi ini,” ujar Yasman Yaleget.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.