BeritaHeadlineKarena Corona, Hubungan Diplomatik Australia dan Cina Rusak

Karena Corona, Hubungan Diplomatik Australia dan Cina Rusak

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Hubungan diplomatik Australia dan Cina ada pada masa kritis. Sementara pertikaian ditingkat diplomatik terus terjadi.

Hal ini merupakan buntut dari lobi Perdana Menteri Australia, Scott Morisson ke sejumlah kepala negara, seperti Amerika, Prancis dan Jerman untuk mengajak bersama adanya investigasi internasional mengenai Covid-19.

Apa yang dilakukan Morisson adalah bentuk dari haknya sebagai negara terdampak wabah Corona untuk mengetahui dari mana virus itu berasal.

Pada hari Senin, duta besar Tiongkok untuk Australia, Cheng Jingye berbicara dengan Frances Adamson, Sekretaris Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT).

Baca Juga:  Warga Vanuatu Minta Perlakuan Adil Saat Dirawat di VCH

Adamson memprotes apa yang para Menteri Pemerintah Australia yakini sebagai ancaman terselubung dari paksaan ekonomi – peringatan duta besar bahwa desakan Canberra untuk penyelidikan independen terhadap wabah Covid-19 dapat memicu “boikot konsumen” barang-barang Australia di Cina.

Cina melihat penyelidikan sebagai perburuan penyihir politik, yang dirancang oleh AS, dan dirancang untuk mempermalukan Beijing.

Sebagaimana di laporkan ABC Australia, Rabu (29/4/2020), bahwa DFAT Australia tidak terkejut dengan jawaban penolakan Jing Jing atas panggilan telepon, dengan duta besar “dengan tegas menolak” keberatan Australia.

Baca Juga:  Paus Fransiskus Segera Kunjungi Indonesia, Pemerintah Siap Sambut

Namun akhirnya, para pejabat diplomatik terkejut pada hari berikutnya ketika Kedutaan Besar Cina mengungkapkan rincian percakapan di situs webnya.

Dan kepercayaan antara Cina dan Australia kini telah menguap.

Beberapa pengamat dari Beijing percaya bahwa hubungan jangka panjang berada pada titik terendah sejak hubungan diplomatik didirikan pada tahun 1972.

Sejauh ini sebenarnya, apa yang dilakukan Australia adalah mencoba membangun dukungan internasional untuk penyelidikan independen terhadap pecahnya Covid-19. Belum ada proposal terperinci karena seruan untuk investigasi masih dalam tahap awal.

Australia menyatakan penyesalan terhadap Kedutaan Besar Cina melanggar protokol, dan mengatakan akan mempertahankan standar profesionalisme tertinggi, padahl akun Duta Besar menunjukkan Politisi yang kurang dijaga.

Baca Juga:  Kunjungan Paus ke PNG Ditunda Hingga September 2024

Sejauh ini, Pemerintah Morrison percaya bahwa ancaman pemaksaan ekonomi Cina tidak ada artinya.

Menteri Dalam Negeri Peter Dutton mengatakan warga Australia “akan sangat kagum dan sangat kecewa jika itu adalah arahan dari Pemerintah Cina”.

Morisson dalam kesempatan itu mengatakan, “Ini adalah virus yang telah merenggut 200.000 nyawa di seluruh dunia. Itu telah mematikan ekonomi global, maka itu perlu dilakukan investigasi.”

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Kepala Suku Abun Menyampaikan Maaf Atas Pernyataannya yang Menyinggung Intelektual Abun

0
“Kepala suku jangan membunuh karakter orang Abun yang akan maju bertarung di Pilkada 2024. Kepala suku harus minta maaf,” kata Lewi dalam acara Rapat Dengar Pendapat itu.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.