Empat Bupati di Meepago Diminta Bantu Warga Terdampak Covid-19

0
1173

PANIAI, SUARAPAPUA.com — Para Bupati wilayah adat Meepago khususnya Bupati kabupaten Nabire, Dogiyai, Deiyai dan Paniai diminta untuk melihat setiap warganya yang sedang membutuhkan bantuan makanan akibat terkena dampak penyebaran pandemi Covid-19.

Permintaan ini disampaikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Provinsi Papua asal wilayah Meepago.

“Kami bangga dengan kerja keras bapak-bapak sampai saat ini tidak istrahat baik demi penanganan Covid19 agar tidak masuk ke wilayah Meepago dan buktinya saat ini Dogiayi, Deiyai, Paniai dan Kab. Intan Jaya tidak ada pasien positif kecuali Nabire dan Timika.”

“Namun kami mengingatkan kepada bapak-bapak harus melihat juga kepada warga masyarakat kita yang terkena dampak dari Covid19 atau yang membutuhkan bantuan makanan,” kata Laurenzus Kadepa, anggota komisi I DPRP, mewakili rekan-rekannya, Selasa (28/4/2020).

Baca Juga:  Seruan dan Himbaun ULMWP, Markus Haluk: Tidak Benar!

Dikatakan bantuan tidak hanya kepada masyarakat setempat, mahasiswa dan pelajar, dan masyarakat yang ada di setiap kota study seluruh Indonesia juga bagian dari tanggungjawabnya.

ads

“Harus kita buktikan kalau kita juga bisa. Ini harga diri sebagai sebuah bangsa yaitu Bangsa Mee,” ungkapnya.

Ditekankan demikian karena menurutnya, urusan perut rakyat tidak bisa dinegosiasi atau ditunda-tunda.

“Maka pemerintah segera memperbaharui data masyarakat penerima bantuan di tengah pandemi virus corona (Covid-19) setiap hari secara berkala,” pintanya.

Baca Juga:  KKB Minta Komisi Tinggi HAM Investigasi Kasus Penyiksaan OAP

Pihaknya juga meminta agar para kepala daerah di Tanah Papua khusus wilayah Meepago untuk segera mempersiapkan ketahanan pangan di daerahnya masing-masing dengan membuka kebun-kebun rakyat guna mendukung ketersediaan pangan lokal.

“Pandemi Covid19 yg belum diketahui kapan berakhir menyebabkan pemerintah daerah harus segera menyiapkan langkah strategis bagi ketersediaan pangan lokal di daerah-daerah di Tanah Papua,” terangnya.

Sementara itu, Yunus Gobai, tokoh pemuda Paniai, menyataka para kepala daerah wilayah Meepago harus menyikapi segera apa yang disampaikan para dewan Papua wilayah Meepago tersebut.

Baca Juga:  Hilangnya Keadilan di PTTUN, Suku Awyu Kasasi ke MA

Menurutnya, sebab memberi bantuan makanan dan mempersiapkan ketahanan pangan dengan membuka kebun-kebun rakyat, kini menjadi hal mendesak untuk dilakukan.

“Mengingat sampai sekarang obat ampuh tuk berantas corona belum ditemukan. Tentu korban darinya baik pasien maupun meninggal akan terus bertambah. Untuk itu menyiapkan pangan lokal sejak dini sangat penting. Harap para kepala daerah dapat lakukan segera sambil terus memberikan bantuan makanan kepada masyarakat yang membutuhkan terutama kepada mahasiswa yang ada disetiap kota studi,” ujarnya.

Pewarta: Stevanus Yogi

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaPemerintah PB Didesak Segera Lindungi Masyarakat Adat Aisnat dan Moskona
Artikel berikutnyaWarinussy Desak Polda PB Kedepankan Pendekatan Lunak Tangani Kasus Aifat