Pemkab Yalimo Fokus untuk Jaga Orang dari Zona Merah ke Elelim

0
1700

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Pemerintah Kabupaten Yalimo melakukan beberapa upaya pencegahan penyebaran corona di wilayah tersebut. Tim Covid-19 telah dibentuk dengan melibatkan berbagai pihak.

Bupati Kab. Yalimo, Lakius Peyon mengatakan, pihaknya telah melakukan beberapa langkah awal untuk mencegah corona dengan menyediakan fasilitas, peralatan, tenaga media dan perlengkapan lainnya.

Ia menjelaskan, seluruh kabupaten di Pegunungan Tengah sudah menutup akses antar kabupaten hingga wabah corona berakhir.

“Kami bersama-sama dengan Bupati Se-pegunungan tengah sudah menghentikan pesawat penumpang dari jayapura baik yalimo maupun semua tempat, kemudian jalan darat dari jayapura kami sudah tutup total, kendaraan roda dua maupun roda empat tidak dapat tembus dengan alasan apapun,” tegasnya.

Baca Juga:  Puskesmas, Jembatan dan Kantor Lapter Distrik Talambo Rusak Dihantam Longsor

Selain itu, untuk menghindari kekurangan makanan di masa pandemi corona, pemkab Yalimo akan menyalurkan bantuan bama kepada masyarakat dengan dua tahap.

ads

“Pertama  dalam waktu dekat ini kami akan memberikan bantuan dalam bentuk sembako, dan kedua adalah kami akan bantu beras melalui gereja,” katanya.

Dikatakan, bantuan diserahkan lewat gereja supaya  tidak ada warga yang ke gereja dan melakukan aktifitas dari rumah untuk mencegah penyebaran corona.

Baca Juga:  Wapres RI dan Enam Pj Gubernur Tanah Papua Dikabarkan Hadiri Hut PI Lembah Balim

“Karena virus convid-19 ini tidak memandang entah itu Bupati, wakil dan pejabat lainnya. Yang menyelamatkan kita adalah hanya Tuhan Yesus sendiri sehingga kita semua sadar dan kembali ke Gereja,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Distrik Elelim, dr. Yohan Piter K. Mambaya menyampaikan, sesuai dengan petunjuk pemerintah daerah convid-19 ini pihaknya akan bekerja keras guna mencegah virus ini.

“Kami di puskesmas sendiri sudah bentuk tim convid-19 di wilayah kerja kami puskesmas elelim, sehingga setiap pasien yang datang di puskesmas ini kami arakan mereka untuk antrian kemuadian cuci tangan dan menggunakan masker sebelum mengurus kartu dan lain sebagainya,” katanya.

Baca Juga:  Pj Bupati Lanny Jaya Dituntut Kembalikan Tendien Wenda ke Jabatan Definitif

Yohan menambahkan, tenaga Dokter di puskesmas elelim sendiri ada 3 dokter.

“Sehingga selama ini kami hanya mescrining maka untuk sementara ini kami di yalimo belum ada yang terkena. Kami fokus menjaga Yalimo agar tidak ada orang yang masuk dari  zona merah. Sampai saat ini di kabupaten yalimo belum ada tanda-tanda orang dengan gejala corona,” katanya.

Peserta   : Atamus Kepno

Editor: Arnold Belau

 

Artikel sebelumnyaMarkus Walilo Dilantik jadi Ketua DPRD Yalimo
Artikel berikutnyaPapua Barat 10 Mei: 70 Orang Positif Covid-19, Dua Orang Sembuh