Saksi Mata: Pesawat MAF Tenggelam Setelah Meledak

0
1683

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Pesawat udara milik penerbangan Mission Aviation Fellowship (MAF) atau penerbangan misi di Papua dengan jenis pesawat Kodiak K-100 PK-MEC pada, Selasa (12/5/2020) jatuh di Danau Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Pesawat yang take off dari Bandara Sentani menuju Mamit, Kabupaten Tolikara Papua yang diduga membawa sejumlah alat-alat sekolah dan keperluan sekolah lainnya itu jatuh dekat kampung Yoboy, Sentani.

Ance Pallo, warga Sentani kepada suarapapua.com mengakui dirinya menyaksikan pesawat naas itu terjatuh ke atas danau Sentani lalu tenggelam.

“Saya di dekat kali dan melihat pesawat tersebut dari arah Selatan Putali. Pesawatnya pada saat di dekat sini sudah pelan dan kemudian jatuh dan kepala dari pesawat yang duluan ke dalam air dan kemudian badan pesawat turun secara perlahan tenggelam sekitar jam 6:30 wit. Pokonya sudah terang-terang,“ kata Pallo.

Baca Juga:  Cintiya Ruliani Talantan Resmi Gantikan Klemens Hamo Pimpin DPRD Kabupaten Jayapura

Hans Yoku, warga Sentani yang sedang memeriksa jaring ikan di atas danau Sentani mengakui hal serupa bahwa dirinya mendengar suara pesawat yang tidak biasanya.

ads

“Dari selatan menuju ke utara untuk cek jaring ikan dan dengar bunyi pesawat lain sekali dan melihat pesawat itu jatuh menuju air, kemudian ujung bagian depan pesawat masuk beberapa senti dan meledak. Meledaknya cukup besar dan semua di sini (kampung) pasti dengar,” jelas Yoku.

Baca Juga:  Jelang Pemilu 2024, Toko Miras di Kabupaten Jayapura Harus Ditutup

Sementara, seorang petugas dari Basarnas yang tidak menyebutkan namanya berdasarkan keterangan warga menjelaskan, ketika proses tenggelamnya pesawat itu, ada seorang nelayan yang sempat menyaksikan dari jarak jauh karena takut pesawat tersebut meledak.

“Di TKP ada salah satu masyarakat yang sedang mencari ikan, tapi dia menjauh karena takut pesawat itu meledak,” katanya.

Baca Juga:  Akomodir Aspirasi OAP Melalui John NR Gobai, Jokowi Revisi PP 96/2021

Dikutib dari Jubi online, Selasa (12/5/2020), pilot yang menerbangkan pesawat naas itu bernama Joice Lin berkebangsaan Amerika.

Jenazah Lin telah di temukan pada pagi hari di kedalaman 13 meter.

“Saya sudah terima laporan yang menyatakan tim SAR sudah menemukan jenazah pilot pesawat MAF dengan kode penerbangan PK-MEC setelah menyelam di Danau Sentani,” jelas (Norbert) Tunyanan (Perwakilan KNKT Papua) dikutip Kantor Berita Antara, sebagaimana disiarkan Jubi Online, Selasa (12/5/2020) pagi.

 

Pewarta: Hendrik Rewapatar

Editor: Elisa Sekenyap

Artikel sebelumnyaFreeport Tingkatkan Jumlah Pemeriksaan, Tenaga, Fasilitas, dan APD
Artikel berikutnyaAnggota DPRD Palang Posko Covid-19 Intan Jaya di Nabire, Ada Apa?