PasifikLSM Bikin Strategi Hadapi Rio Tinto Soal Tambang di Bougainville

LSM Bikin Strategi Hadapi Rio Tinto Soal Tambang di Bougainville

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Kelompok hak asasi manusia Australia sedang menilai kembali strateginya untuk mencoba meyakinkan pemilik tambang raksasa, Rio Tinto dalam memperbaiki kerusakan yang dilakukan pihaknya di Tambang Panguna di Bougainville Tengah.

Operasi tambang yang mayoritas saham dimiliki Rio Tinto ini telah melakukann kerusakan lingkungan dan sosial yang amat besar dan meninbulkan perang saudara selama tiga dekade.

Pihak Central Hukum Hak Asasi Manusia bekerjasama dengan pemilik tanah di Bougainville dan Gereja Katolik, telah berusaha untuk mengangkat masalah ini selama dalam pertemuan pemegang saham Rio Tinto baru-baru ini di Inggris dan Perth Australia.

Baca Juga:  Pasukan Keamanan Prancis di Nouméa Menjelang Dua Aksi yang Berlawanan

Pertanyaan tertulis telah diajukan dalam pertemuan di London, tetapi tanggapan dari ketua Rio Tinto, Simon Thompson, bahwa yang telah dilakukan adalah sesuai garis yang telah digunakan perusahaan selama beberapa tahun.

Dia mengatakan kepada para pemegang saham bahwa Rio Tinto mengakui kekhawatiran yang diadakan di Bougainville, tetapi mereka percaya bahwa perusahaan tetap sepenuhnya mematuhi standar yang berlaku saat itu.

Baca Juga:  Dua Hari GCC, PM Rabuka: Jadilah Pemimpin Adat Bagi Semua Warga Fiji

Keren Adams, Direktur Pusat Hukum, mengakui ada cara lain bagi para kelompok-kelompok dari Bougainville untuk mencapai perbaikan.

Dia mengatakan, mereka akan menjajaki opsi hukum dan juga mencoba dan mengajukan keluhan non-yudisial kepada pemeriksa organisasi untuk kerjasama ekonomi dan pembangunan kantor pusat perbendaharaan di Australia.

Adams mengatakan, orang ini dapat membuat keputusan tentang apakah perusahaan-perusahaan Australia telah melanggar pedoman OECD.

Baca Juga:  Prancis Mendukung Aturan Pemilihan Umum Baru Untuk Kaledonia Baru

Dia mengatakan bahwa pihaknya bertujuan untuk kembali terlibat dengan Rio “sekitar waktu konferensi pertambangan dan keuangan yang diadakan pada akhir tahun. Apakah itu mungkin. Kami juga akan menghubungi banyak investor.”

 

Sumber: Radio New Zealand

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Masyarakat Tolak Pj Bupati Tambrauw Maju Dalam Pilkada 2024

0
Kami atas nama leluhur tokoh pemekaran kabupaten Tambrauw dan alam semesta mengutuk dan menolak dengan tegas pernyataan sikap yang disampaikan oleh kepala suku besar Abun tentang dukungan politiknya terhadap Pj. Bupati Kabupaten Tambrauw.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.