Eksotisme Teluk Youtefa Yang Dilupakan

0
1150

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Kawasan Tradisional Bersejarah Teluk Youtefa Kota Jayapura, yang merupakan destinasi wisata yang menampilkan pemandangan eksotik ke lautan Pasifik telah rusak dan diabaikan.

Willy Pedai, salah satu warga masyarakat kota Jayapura di kawasan wisata Youtefa menyesalkan kondisi kawasan wisata Youfeta yang tidak terurus.

“Tempat ini dulu bagus tapi sekarang sudah hancur skali. Sampah dari pasar Youtefa melalui kali Acai juga tiba di sini dan bikin pemandangan rusak, maka Pemkot harus melakukan renofasi kawasan Yotefa seperti sebelumnya,” kata Pedai belum lama ini.

Baca Juga:  Illegal Logging Masih Marak di Mimika, John NR Gobai: Masyarakat Dapat Apa?

Terpisah, tukang ojek di kawasan pasar Youtefa yang tidak menyebutkan namanya berharap supaya Pemkot Jayapura melalui Dinas Parawisata agar dapat datang melihat dan mendata apa yang harus dilakukan.

“Saya berharap Pemerintah Kota melalui Dinas Parawisata agar bisa merenofasi tempat tersebut, agar bisa kembali rame. Tentu saat ini sampahnya bau, tetapi harus di bersihkan supaya menjadi tempat wisata,” katanya.

ads
Baca Juga:  Generasi Penerus Masa Depan Papua Wajib Membekali Diri

Setelah direnofasi kata dia, tempat wisata itu harus dijaga, supaya tempat itu tidak dijadikan tempat pembuangan sampah, tetapi juga tempat pesta Miras.

Sejauh ini ada tiga pondok, tetapi kondisinya sudah rusak total, termasuk jembatan yang menghubungkan antara lokasi satu ke lokasi lainnya di pesisir teluk Youtefa lapuk dan tidak bisa digunakan.

Baca Juga:  Hujan di Sorong, Ruas Jalan dan Pemukiman Warga Tergenang Air

 

Pewarta: Hendrik Rewapatara

Editor: Elisa Sekenyap

Artikel sebelumnyaPenaklukan dengan (dan dalam atau) Pencitraan
Artikel berikutnyaPemotongan Dana Bantuan untuk Mahasiswa Yalimo di Manokwari Dipertanyakan