32 Tenaga Medis Positif Covid-19 di Papua

0
1994

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Sejak wabah virus Corona masuk ke Papua dengan kasus pertama di RSUD Merauke pada 16 Maret 2020, hingga Sabtu, 22 Mei 2020 tercatat sudah ada 32 tenaga medis di Provinsi Papua yang positif terinfeksi oleh Covid-19. Mereka terpapar saat menjalankan tugas menangani pasien.

“Ada 26 orang di Kota Jayapura, Mimika 3 orang, Jayawijaya 1 orang dan Merauke 2 orang.  Ada yang dokter, paramedik, perawat dan bidan. Semuanya berkisar sakit sedang dan ringan. Ada juga yang sudah sembuh dan sudah sudah beraktivitas,” dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K) saat memberi keterangan pers secara virtual dari Media Center Satgas Covid-19 Provinsi Papua, Sabtu (23/05/2020).

Baca Juga:  Masalah Politik Mendominasi Kunjungan Menteri Prancis Gérald Darmanin di Kaledonia Baru

Menurut Sumule, kendati angka terus meningkat, pihaknya masih tetap mengoptimalkan tenaga medis yang ada di rumah sakit dan dinas kesehatan di seluruh Papua untuk menangani dan melayani pasien Covid. Satgas dan Dinkes Papua belum memutuskan untuk mendatangkan tenaga medis dari luar Papua.

“Dalam keadaan seperti ini, siap tidak siap, ya tenaga medis yang ada harus siap  bekerja,” tegas Sumule.

Ia juga mengatakan, salah satu skenario untuk penanganan pasien yang kian membludak di Kota Jayapura ialah menjadikan RSUD Abepura sebagai rumah sakit khusus bagi penanganan pasien Covid yang menderita sakit ringan dan sedang, dibantu oleh rumah sakit mitra yang lain.

ads
Baca Juga:  Menteri Perempuan Fiji Lynda Tabuya Menyerukan Undang-Undang Online yang Lebih Kuat

“Untuk saat ini, semua bed di RSUD Abepura akan kita prioritaskan bagi penanganan Covid ringan dan sedang. Sementara RSUD Jayapura akan fokus menangani pasien berat. Ke depannya bagaimana, nanti kita evaluasi di perjalanan,” katanya.

Selain itu, skenario lain ialah meminta rumah sakit mitra menyediakan minimal 30 bed bagi pasien Covid serta memanfaatkan fasilitas lain seperti Diklat Provinsi, Balatkes Papua dan beberapa hotel sebagai tempat karantina mereka yang sedang menunggu hasil test swab di Litbangkes Papua.

“Kami sadar bahwa rumah sakit sudah kewalahan menerima pasien. Kami dorong petugas kesehatan untuk tetap semangat kerja dengan profesionalitas tinggi. Jaga kekompakan agar pasien yang sedang ditangani bisa sembuh. Kami percaya Tuhan memberi kekuatan. Saat ini juga, terdapat 20-an tenaga medis yang terpapar Covid-19, terbanyak di RSUD Abepura,” urainya.

Baca Juga:  Ancaman Bougainville Untuk Melewati Parlemen PNG Dalam Kebuntuan Kemerdekaan

Berdasarkan data Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K) per 23 Mei 2020, ada lonjakan penambahan pasien baru sebanyak 51 orang. Dengan demikian, hingga kini terdapat 619 orang yang positif terinfeksi Covid, dimana 451 pasien sedang dalam perawatan medis, 157 orang dinyatakan sembuh, dan 11 orang meninggal dunia.

Source: papuabangkit.com

SUMBERpapuabangkit.com
Artikel sebelumnya23 Mei: Tambah 51 Pasien Baru, Penderita Covid-19 di Papua 619 Orang
Artikel berikutnyaKadepa Mengutuk Keras Pelaku Penembakan Dua Tenaga Medis di Intan Jaya