Breaking News: Diduga TNI Tembak Mati Pdt. Yeremia Zanambani di Hitadipa

0
2804

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Diduga Tentara Nasional Indonesia (TNI) menembak mati Pendeta Yeremia Zanambani, S.Th. Dari informasi yang dihimpun media ini, penembakan dilakukan pada Sabtu 19 September 2020. 

Pdt. Yeremia adalah mantan Ketua Klasis GKII Hitadipa, wakil ketua penerjemah Alkitab bahasa Moni dan juga Ketua sekolah STA Hitadipa.

Warga yang berada di Hitadipa yang tak ingin dimediakan namanya kepada media ini membenarkan bahwa telah terjadi penembakan yang menewaskan warga sipil.

“Bapak dia (Alm. Yeremia Zanambani) pergi ke Bomba. Kampung yang tidak jauh dari Hitadipa tujuan almarum untuk kasih makan ternak babi. Mayatnya baru ditemukan pagi tadi dengan kondisi tangan sudah disabet dan telah ditembak,” katanya pada Minggu (20/9/2020).

Baca Juga:  KPU Deiyai Tuntaskan Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten

Kronologis versi Keluarga

ads

Kemarin pada Sabtu 19 September, Pdt. Yeremia bersama istrinya pergi ke Bomba [kandang babi] untuk memberi makan ternak.

Setelah memberi makan ternak, istrinya ajak Pdt. Yeremia untuk pulang ke rumah. Namun, Pdt. mengatakan dirinya masih menunggu ternaknya makan dulu. Sehingga istrinya berangkat ke rumah lebih dulu.

Sebelumnya, para anggota TNI memberikan peringatan keras kepada warga Hitadipa agar segera kembalikan dua pucuk senjata yang diduga telah diambil TPNPB usai menembak mati anggota TNI yang bertugas di pos Koramil Hitadipa.

Baca Juga:  MRP dan DPRP Fraksi Otsus se-Tanah Papua Minta Jokowi Terbitkan Perppu Hak Politik OAP

Sumber informasi suarapapua.com mengatakan, dengan alasan untuk mencari dan mengejar pelaku yang tembak mati anggota TNI dan mencari dua pucuk senjata yang telah dirampas tersebut, para anggota TNI menyusul Pdt. Yeremia ke kandang babinya.

Di kandang Babi, Pdt. Yeremia disabet dengan alat tajam. Setelah itu ia ditembak hingga tewas di kandang babinya yang terletak di Bomba.

Karena hingga pagi Pdt. Yeremia belum pulang, sehingga keluarga baru ke Bomba, di kandang babi untuk mengecek keberadaannya. Namun, keluarga mendapatinya dalam kondisi tidak bernyawa.

Baca Juga:  Sidang Dugaan Korupsi Gereja Kingmi Mile 32 Timika Berlanjut, Nasib EO?

“Setelah itu keluarga ada bawa jenazahnya ke Hitadipa dan keluarga sedang makamkan jenazahnya,” ungkapnya.

Pemakaman jenanzah Pdt. Yeremia dilakukan oleh Ketua Klasis GKII Hitadipa, Kepada Kampung Hitadipa, Seorang Pdt. yang juga pendidikan di STT Hitadipa bersama dua pemuda dan sejumlah mama-mama.

Sumber informan tersebut mengatakan, hingga saat ini kondisi keamanan di distrik Hitadipa tidak aman. Sehingga, usai pemakaman Pdt. Yeremia, para mama-mama akan mengungsi ke Sugapa.

Hingga berita ini ditayang, berita ini belum dikonfirmasi kepada pihak keamanan, baik Polri maupun TNI.

Pewarta : Yanuarius Weya

Editor : Arnold Belau

Artikel sebelumnya20 Oktober 2020, Stadion Papua Bangkit Resmi Berganti Nama
Artikel berikutnyaTPNPB Kodap III Ndugama Mengaku Bertanggungjawab Atas Penembakan Dua Anggota TNI di Intan Jaya