TPNPB Kodap III Ndugama Mengaku Bertanggungjawab Atas Penembakan Dua Anggota TNI di Intan Jaya

0
2377

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Aibon Kogoya, Kepala Kompi D Dula, Kodap III Nduga, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) di bawa Panglima Egianus Kogoya mengaku bertanggungjawab atas penembakan dua anggota TNI yang terjadi pada Kamis (17/9/2020) dan Sabtu (19/9/2020) di distrik Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya.

Kompi D Dula adalah salah satu Kompi di bawa TPNPB Kodap III Ndugama, yang berada di Wilayah Intan Jaya.

Aibon Kogoya, Kepala Kompi D Dula, Kodap III Nduga mengakui, pada, Kamis (17/9/2020) di kampung Jaindapa, distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, pada pukul 13.00 telah terjadi kontak tembak antara TPNPB Kodap III dan anggota TNI.

Baca Juga:  Akomodir Aspirasi OAP Melalui John NR Gobai, Jokowi Revisi PP 96/2021

“Hari Kamis, selama 30 menit telah terjadi kontak senjata antara TPNPB dan angoota TNI di Jaindapa, dan TPNPB berhasil tembak mati Serka Sahlan dan anggota TNI yang lainnya luka-luka. Sementara pihak TPNPB Kompi D Dulla tidak ada yang jatuh korban,” jelas Kogoya melalui pesan elektronik kepada suarapapua.com, Sabtu (19/20/2020).

Setelah itu pihaknya mengaku menyita satu pucuk senjata laras panjang tipe FNC, 25 butir amunisi, 5,56 dan satu buah magasen dari TNI.

ads

Selain itu Kogoye mengatakan, pihaknya melakukan aksi penembakan berikutnya pada hari, Sabtu (19/9/2020). Dimana TPNPB Kodap III Ndugama, Kompi D Dula menyerang gedung sekolah SD dan SMP yang dijadikan pos persiapan Koramil Hitadipa.

Baca Juga:  Polda Papua Diminta Evaluasi Penanganan Aksi Demo di Nabire

“Telah terjadi penyerangan pos TNI dan terjadi kontak senjata antara TPNPB Kompi D Dula dan Satgas BKO Apter Koramil TNI. Disitu kami tembak mati satu anggota TNI yang bernama Pratu Dwi Akbar Utomo. Dia ditugaskan sebagai Babinsa Koramil Hitadipa Kodim persiapan Kabupaten Intan Jaya.”

“Dari situ TNI membakar satu buah rumah warga sipil. Kami [TPNPB] tidak ada korban,” pungkasnya.

Baca Juga:  Media Sangat Penting, Beginilah Tembakan Pertama Asosiasi Wartawan Papua

Berita ini merupakan klarifikasi dari pihak TPNPB Kodap III Ndugama, Kompi D Dula, di bawa Panglima Egianus Kogoya atas pemberitaan sebelumnya dengan judul ; TPNPB-OPM Mengaku Tembak Mati Satu Anggota TNI di Intan Jaya dan Pekan Ini, TPNPB Telah Tembak Mati Dua Anggota TNI. Yang sebenarnya, dua kejadian sebagaimana judul dua berita ini dilakukan oleh anggota Kompi D Dula TPNPB Kodap III Ndugama, di bawa Panglima Egianus Kogoya, bukan TPNPB Kodap VIII Intan Jaya sebagaimana diberitakan sebelumnya.

Pewarta: Yanuarius Weya

Editor: Elisa Sekenyap

Artikel sebelumnyaBreaking News: Diduga TNI Tembak Mati Pdt. Yeremia Zanambani di Hitadipa
Artikel berikutnyaBreaking News: It is Suspected that the TNI Shot Dead Rev.Jeremiah Zanambani at Hitadipa