ADVERTORIALPembangunan Jalan Tahun Ini Tembus Kamuu Selatan, Tahun Depan Fokus di Wilayah...

Pembangunan Jalan Tahun Ini Tembus Kamuu Selatan, Tahun Depan Fokus di Wilayah Mapia

MOWANEMANI, SUARAPAPUA.com — Membuka isolasi wilayah melalui pembangunan infrastruktur jalan merupakan salah satu program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Dogiyai periode 2017-2022.

“Mulai tahun 2018 sampai 2020, pemerintah kabupaten Dogiyai telah melaksanakan program ini dengan membangun sejumlah ruas jalan, yang dibiayai dari beberapa sumber dana, seperti Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Otonomi Khusus, dan Dana Pinjaman,” kata Bupati Yakobus Dumupa melalui siaran pers yang dikirim ke suarapapua.com, Jumat (25/9/2020) malam.

Khusus untuk tahun 2020, katanya, pembangunan jalan akan dilakukan di wilayah Mapia yakni ruas jalan Piyaiye dan beberap ruas jalan lainnya.

“Untuk wilayah Kamuu akan dilakukan pembangunan jalan lingkar Kamuu. Tahun ini pembangunan jalan akan tembus ke wilayah Kamuu Selatan, mulai dari kampung Bukapa, kampung Pouwouda, kampung Obaibega, sampai kampung Botumoma. Selain itu, akan dilakukan pembangunan jalan mulai dari kampung Bokaibutu sampai kampung Bunauwo, dan kampung Ekimani sampai kampung Obayo, dan kampung Ekimani sampai kampung Duntek,” jelasnya.

Baca Juga:  Pemda Intan Jaya Umumkan Jadwal Pelaksanaan Tes CAT K2

Selanjutnya, Dumupa tegaskan, tahun depan pembangunan jalan akan difokuskan di wilayah Mapia, yakni melanjutkan pembangunan ruas jalan Piyaiye dan pembangunan ruas Timeepa menuju distrik Mapia Barat.

“Selain itu akan dilakukan peningkatan jalan untuk ruas jalan yang sudah dibangun di wilayah Mapia,” kata Bupati Dogiyai.

Dari hasil monitoring di lapangan, kata dia, pada umumnya tidak terdapat kendala yang cukup berarti.

Baca Juga:  Pemda Intan Jaya Umumkan Jadwal Pelaksanaan Tes CAT K2

“Hanya yang menjadi kendala adalah medan atau kondisi tanah. Sebab di wilayah Kamuu, tanahnya rawa dan berair, sedangkan wilayah Mapia bergunung dan berlereng terjal. Tantangan seperti ini harus dihadapi agar pembangunan jalan dapat diselesaikan dengan baik dan isolasi wilayah dapat terbuka,” urainya.

Bupati Dumupa optimis tahun 2021 semua ruas jalan di kabupaten Dogiyai selesai dibangun.

“Untuk wilayah Kamuu sudah selesai terbangun jalan lingkar Kamuu, dan untuk wilayah Mapia sudah tembus sampai distrik Piyaiye. Yang tersisa dan akan dibangun kemudian adalah jalan menuju distrik Sukikai Selatan, baik melalui kampung Atou distrik Mapia Tengah atau melalui distrik Piyaiye.”

Untuk itu, Bupati Dogiyai minta kepada semua pihak agar mendukung program pembangunan jalan ini. Terutama warga masyarakat diharapkan agar tidak menghalang-halangi kegiatan pembangunan jalan ini.

Baca Juga:  Pemda Intan Jaya Umumkan Jadwal Pelaksanaan Tes CAT K2

“Perlu diingat bahwa jalan ini dibangun untuk kepentingan dan kebutuhan masyarakat,” ujar Dumupa.

Petrus Agapa, sekretaris daerah (Sekda) Dogiyai, menambahkan, pembangunan jalan sebagai sarana publik merupakan salah satu program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Dogiyai periode 2017-2022 yang harus didukung sepenuh hati agar dapat dikerjakan hingga tuntas.

Sebab menurutnya, jalan raya yang dibangun pemerintah daerah tentu akan digunakan semua pihak di kabupaten ini.

“Pembangunan jalan ini program prioritas yang memang wajib didukung semua pihak karena ini untuk kepentingan kita bersama,” pintanya.

Pewarta: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

PTFI Bina Pengusaha Muda Papua Melalui Papuan Bridge Program

0
“Kami berharap setelah mengikuti pelatihan ini para peserta dapat menerapkan materi secara praktis ke dalam aktivitas usahanya sehingga melalui program PBP YET akan lahir lebih banyak pengusaha asli Papua sukses ke depannya,” kata Nathan Kum.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.