BeritaMahasiswa Yahukimo Kutuk Keras Tindakan Hengky yang Minta Perpanjang Otsus

Mahasiswa Yahukimo Kutuk Keras Tindakan Hengky yang Minta Perpanjang Otsus

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Solidaritas Pemuda dan Mahasiswa Yahukimo di Jayapura kutuk keras tindakan sepihak Hengky Heselo yang mengaku mewakili warga masyarakat distrik Kurima Kabupaten Yahukimo, Papua yang mendukung perpanjangan Otsus Papua dan pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua.

“Kami dengan tegas mengingatkan kepada bapak Hengky Heselo yang mengklaim sebagai kepala suku Kurima dan mengatakan masyarakat Kurima mendukung Otsus dan pemekaran DOB demi kepentingan pribadinya. “

“Kami mahasiswa Yahukimo dengan tegas menolak pemekaran kabupaten pegunungan seir dengan dalil apapun. Ini hanya kepentingan pribadi Hengky, bukan masyarakat Kurima. Lagian dalam aksinya, masyarakat Kurima tidak tahu menahu dan tidak hadir dalam aksi yang dilakukan di Kurima,” kata Mesai Le Silak, Koordinator lapangan aksi solidaritas pemuda dan mahasiswa Kabupaten Yahukimo yang digelar di asrama mahasiswa Yahukimo di Jayapura pada, 2 Maret 2021.

Baca Juga:  Jawaban Anggota DPRP Saat Terima Aspirasi FMRPAM di Gapura Uncen

Selain itu katanya, pihaknya tegas menolak perpanjangan Otsus yang telah usang, yang mana rakyat Papua telah menolak dengan menandatangani Petisi Rakyat Papua (PRP) belum lama ini.

Menurutnya, apa yang dilakukan Hengky dan sejumlah tokoh di Papua merupakan bukti nyata kegelisahan negara atas penolakan yang dilaksanakan secara masif oleh rakyat Papua di seluruh tanah Papua.

Baca Juga:  Seorang Fotografer Asal Rusia Ditangkap Apkam di Paniai

“Dengan gelisah negara secara sepihak melalui tokoh gereja, pemerintah daerah, tokoh masyarakat dan kepala suku di Papua meminta perpanjang Otsus dan pemekaran DOB. Ini adalah cara-cara kegelisahan negara untuk paksakan Otsus agar tetap jalan, maka kami mahasiswa Yahukimo sekali lagi atas nama mahasiswa Kurima tolak segala macam kompromi negara di tanah Papua,” tukasnya.

Baca Juga:  Freeport Indonesia Dukung Asosiasi Wartawan Papua Gelar Pelatihan Pengelolaan Media

Pada 2 Maret 2021, Hengky Heselo dan Carlos Huby yang mengaku sebagai ketua LMA Jayawijaya mendatangi masyarakat Kurima di distrik Kurima, Kabupaten Yahukimo untuk hendak melakukan sosialisasi perpanjangan Otsus dan pemekaran DOB di Papua.

Namun, masyarakat Kurima dengan tegas menolak kehadiran Hengky Heselo dan Carlos Huby di Kurima. Mereka minta agar pihaknya kembali ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Selain itu masyarakat Kurima tegas menolak semua bentuk sosialisasi perpanjangan Otsus maupun pemekaran DOB di Papua.

 

Pewarta: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Gereja Pasifik Desak MSG Keluarkan Indonesia Jika Tidak Memfasilitasi Komisi HAM...

0
“Dengan berakhirnya Pertemuan Pejabat Luar Negeri Melanesian Spearhead Group untuk mengantisipasi Pertemuan Para Pemimpin MSG yang akan datang, pertanyaannya adalah, bagaimana mungkin MSG akan terus membiarkan Indonesia, yang memiliki kebijakan dan praktik yang merendahkan martabat, melemahkan, dan menghilangkan hak-hak perempuan, anak-anak, dan laki-laki Melanesia - sesama anggota MSG, tetap menjadi anggota?”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.