Tanah PapuaMamtaPemkab Intan Jaya Didesak Resmikan Aspuri di Jayapura

Pemkab Intan Jaya Didesak Resmikan Aspuri di Jayapura

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Intan Jaya (IMPIJ) di kota studi Jayapura desak Pemerintah Kabupaten Intan Jaya agar segera meresmikan asrama putri Intan Jaya di kota Jayapura yang dubangun sejak 2017.

“Pemilik kontrakan sudah keluarkan kami secara paksa, dan sekarang sulit untuk tempat tinggal kami. Sehingga pemerintah mohon dimengerti. Maka bulan September itu Kabag Kesra dan DPRD Komisi C harus datang resmikan supaya kami tinggal dan belajar aman di asrama,” kata Selly Selegani, salah satu senior dari mahasiswa Intan Jaya di Jayapura, Sabtu (18/9/2021).

Selegani mengaku jumlah mahasiswsi Intan Jaya di kota studi Jayapura mencapai ratusan. Oleh sebab itu pihaknya sekali lagi mendesak Pemkab Intan Jaya untuk segera meresponnya demi SDM Kabupaten Intan Jaya.

Baca Juga:  DPD KNPI Tambrauw Gelar Rapat Pleno Satu untuk Kemajuan Pemuda

“Tahun 2019 saja sudah 90 orang putri yang menyebar di Jayapura, tambah lagi angkatan 2020 sampai sekarang 2021 sudah mencapai 100 lebih. Maka pihak Kesra segera datang dan resmikan. Kalau putra tidak papa, tetapi ini kami putri jadi mohon direspon cepat,” katanya.

Yonce Kobogau, salah satu mahasiswi Intan Jaya mengatakan bahwa pihaknya putri sering mendapatkan perlakuan seperti ini. Mereka sering diabaikan oleh pihak Pemkab Intan Jaya.

Baca Juga:  Seribu Pohon Sagu di Sorong Digusur Demi Menanam Kelapa Sawit

“Bupati, Sekda, pihak Kesra, dan Ketua Komisi C DPRD Intan Jaya ini semua laki-laki yang dilahirikan oleh kami perempuan, tapi kenapa kita aksi-aksi, mediasi tetapi tidak perna direspon baik. Coba pikirkan kami, kami juga ingin bersaing dengan putra, dan tinggal ditempat yang layak,” kata Kobogau.

Alpius Mirip, ketua panitia asrama menyampaikan bahwa pihaknya sudah telah menyiapkan segala sesuatu, sehingga Pemkab bias terjun langsung ke Jayapura untuk meresmikannya.

“Kami panitia minta tidak lewat dari bulan ini [September 2021] untuk resmikan asrama, karena kondisi putri mahasiswi sangat disayangkan. Kami juga minta Kesra dan DPRD Komisi C menanggapi aspirasi kami dan lakukan presmian,” tambahnya.

Baca Juga:  Rapat Koordinasi DAP Wilayah Domberai Lahirkan Delapan Poin Penting

Kemudian, ketua ikatan Yanuarius Weya juga meminta agar asrama putri segera diresmikan. Sebab pihaknya telah mengajukan beberap proposal peresmian sejak 2018.

“Dari ketua ikatan lama pak Yus sudah diajukan proposal asrama, saya juga serahkan proposal kemudian, Kesra dan Ketua Komisi C DPRD sudah sampaikan bahwa dana sudah ada. Namun entah kenapa sampai sekarang belum ada info peresmian ini,” bebernya.

Katanya, saat ini bulan-bulan dimana waktu anggaran perubahan dibahas di DPRD, sehingga sebelum ditunda ke tahun depan, maka segera dilakukan peresmian.

 

Pewarta: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pj Bupati Lanny Jaya Sidak di RSUD Tiom, Begini Hasilnya

0
"Tolong perhatikan ruangan. Petugas cleaning service harus perhatikan halaman dan got-got itu segera bersihkan. Jangan tunggu lagi, sekarang juga bergerak," ujarnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.