Tanah PapuaLa PagoMantan Anggota TNI yang Membelot ke TPNPB Meninggal di RS Bhayangkara

Mantan Anggota TNI yang Membelot ke TPNPB Meninggal di RS Bhayangkara

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Panglima TPNPB-OPM Kodap XVI Yahukimo, Brigjen Elkius Kobak umumkan duka nasional atas meninggalnya satu anggotanya yang bernama Senaf Soll di rumah sakit Bhayangkara Kota Jayapura, Papua, Minggu (26/9/2021).

Elkius Kobak melalui release persnya pada, Senin (27/9/2021) mengaku Senaf Soll merupakan anggota TPNPB berjiwa nasional dan patriotis. Katanya Senaf sebelumnya merupakan anggota TNI orang Papua yang selama ini mempertahankan NKRI. Ia lalu membelot dan bergabung dengan TPNPB Kodap XVI Yahukimo.

“Senaf adalah satu dari 6 orang yang ditembak di kakinya pada 2 September 2021. Waktu itu pihak Polres Yahukimo bawa langsung berobat di rumah sakit Bhayangkara Jayapura, namun ternyata pada Minggu 26 September 2021 malam telah meninggal dunia,” tujar Elkius.

Baca Juga:  PWI Pusat Awali Pra UKW, 30 Wartawan di Papua Tengah Siap Mengikuti UKW

Elkiua juga mengaku bahwa “berdasarkan laporan intelijennya (PIS) TPNPB, Senaf meninggal karena kehabisan darah akibat dua kakinya diamputasi, tetapi mayatnya masih ada di tangan Polisi.”

Katanya, pihaknya di Kodap XVI Yahukimo merasa berduka yang mendalam atas kepergian Senaf. “Kepergian Senaf Soll bukan berarti kami mundur, melainkan kami tetap akan lawan sampai Papua Merdeka,” tegas Erick Bahabol, Komandan Operasi Kodap XVI Yahukimo.

Baca Juga:  Pagi Ini Jalan Trans Tiom-Wamena Dipalang Caleg PPP

Bahabol mengaku bahwa Kodap XVI Yahukimo telah menetapkan Yahukimo sebagai wilayah perang TPNPB. Mereka juga tegaskan agar semua pembangunan negara dihentikan.

“Karena kami mau merdeka sendiri, bukan dengan NKRI yang selalu bunuh kami.”

Sementara, sebagaimana dikutib dari suara.com bahwa pihak kepolisian di Jayapura mengaku benar ada laporan tentang meninggalnya Senaf Soll di RS Bhayangkara.

“Memang benar ada laporan tentang meninggalnya Senaf Soll di RS Bhayangkara dan belum diketahui akan dimakamkan dimana. Polres Yahukimo yang menanganinya,” kata Direskrimum Polda Papua Kombes Faizal Rahmadani di Jayapura, Senin (27/9/2021) pagi.

Baca Juga:  Empat Jurnalis di Nabire Dihadang Hingga Dikeroyok Polisi Saat Liput Aksi Demo

Data yang dihimpun mengungkap salah satu pimpinan KKB di Dekai meninggal Minggu malam sekitar pukul 22.30 WIT, setelah sempat dirawat di ICU dan jenazahnya masih berada di RS Bhayangkara.

Senaf Soll dipecat dari TNI pada tahun 2019 sesuai Putusan Mahkamah Militer III Jayapura terkait jual beli amunisi dan senjata api di Kabupaten Mimika. Sebelum dipecat, ia bertugas di Yonif 754/ENK dengan pangkat prada.

 

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Aksi ASN Pemprov Papua, Gobai: Penempatan Jabatan Perlu Perdasi

0
“Di sana telah diatur tentang persentase dalam menduduki jabatan yaitu 80% orang asli Papua dan 20% non Papua. Untuk itu, dalam hal yang penting dan mendesak ini, saya meminta kepada penjabat gubernur Papua untuk segera dapat menandatangani dan memberikan penomoran untuk Raperdasi tersebut. Hal ini penting agar tetap menjadi Perdasi Papua tentang perubahan Perdasi Papua nomor 4 tahun 2018,” pintanya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.